PENGGUNAAN METODE RESITASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TENTANG PECAHAN PADA SISWA KELAS IV SDN PATEMON II PAMEKASAN

Main Author: ZAHRAH, FATIMATUS
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/27287/1/jiptummpp-gdl-fatimatusz-33339-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/27287/2/jiptummpp-gdl-fatimatusz-33339-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/27287/
Daftar Isi:
  • Hasil pengamatan yang dilakukan di kelas IV SDN Patemon 2 Pamekasan pada mata pelajaran matematika materi pecahan tahun pelajaran 2011/2012 Dari hasil ulangan harian yang dicapai siswa kelas IV untuk pokok bahasan “pecahan” masih menunjukkan hasil yang kurang menggembirakan. 20 siswa (60,6%) belum berhasil mencapai nilai minimal 65, dan 13 siswa (39,4%) berhasil mencapai KKM. Secara klasikal kondisi siswa kelas IV SDN Patemon 2 Pemekasan berada di bawah KKM klasikal. Sehingga siswa dikatakan belum tuntas. Penyebab terjadinya permasalahan tersebut adalah Guru tidak menggunakan metode yang tepat yang dapat membantu pemahaman siswa dan mendukung penjelasan yang disampaikan, Motivasi dan minat belajar siswa dalam mata pelajaran matematika kurang. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SDN Patemon 2 Pamekasan pada materi pecahan dengan penggunaan metode resitasi Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri atas 2 siklus, setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data hasil belajar siswa diambil dengan menggunakan test tulis. Analisis data dari penelitian ini dengan cara deskritif kualitatif yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus 1 sampai siklus 2. Hasil penelitian penggunaan metode resitasi dapat meningkatkan penguasaan siswa tentang Pecahan dalam mata pelajaran matematika mengunakan sintaks pemberian tugas (resitasi) meliputi: menjelaskan tujuan dan manfaat, memberikan penjelasan tentang tugas, pembentukan kelompok, memberikan tugas secara lisan atau tertulis, memonitor (Mengamati) pelaksanaan dan atau penyelesaian tugas, mengadakan diskusi hasil pelaksanaan tugas. Hasil belajar penggunaan metode resitasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa, dari 34 siswa yang mengikuti tes ada 26 siswa yang memperoleh nilai ≥ nilai KKM dengan persentase 76% di siklus 1 sehingga dikatakan siswa belum tuntas belajar secara klasikal, kemudian meningkat menjadi 33 siswa yang memperoleh nilai ≥ nilai KKM dengan persentase 97% di siklus 2 sehingga dikatakan siswa tuntas belajar secara klasikal. Kata Kunci: Metode Resitasi, Hasil Belajar, Pecahan.