PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL JENIS-JENIS PEKERJAAN MELALUI METODE MIND MAPPING PADA SISWA KELAS III SDN PALENGAAN LAOK VI PALENGAAN PAMEKASAN

Main Author: SYAFA’AD, MOH. HAYYI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/27283/1/jiptummpp-gdl-mohhayyisy-33343-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/27283/2/jiptummpp-gdl-mohhayyisy-33343-2-bab1.pdf
http://eprints.umm.ac.id/27283/
Daftar Isi:
  • Prestasi belajar siswa kelas III SD Negeri Palengaan Laok VI Palengaan Pamekasan belum memuaskan. Nilai ulangan harian mengenal jenis-jenis pekerjaan masih di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) mata pelajaran IPS yaitu 65. Materi IPS sangatlah luas dan selalu berkembang setiap saat sesuai dengan perkembangan kondisi kehidupan sosial. Pemahaman konsep materi pembelajaran sangat kurang disebabkan oleh berbagai faktor yang mendasar diantaranya kemampuan berpikir masih lemah dan minat membaca sangat rendah sehingga konsep yang dimiliki kurang. Keberanian siswa untuk menuliskan konsep yang telah dimiliki masih kurang, karena perasaan takut salah dan tidak memiliki kebebasan dalam menulis karyanya. Berdasarkan kesulitan yang sebagian besar dialami siswa, peneliti berusaha mencari solusi untuk mengatasinya. Siswa memerlukan bantuan untuk mengembangkan konsep-konsep yang dimiliki dengan cara yang lebih mudah, sederhana, cepat dan menyenangkan. Mind Mapping merupakan teknik pembelajaran untuk mengembangkan konsep yang dimiliki siswa di otak dengan cara sederhana, cepat, dan menyenangkan. Siswa dapat membuat Mind Mapping dengan tidak takut salah. Konsep apa saja yang ada di otaknya dan masih berkaitan dengan materi pembelajaran yang sedang dipelajari dapat dituliskan. Penelitian ini termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research) atau PTK. Penelitian tindakan ini diharapkan dapat memperbaiki proses pembelajaran yang telah dilakukan oleh guru. Penelitian Tindakan Kelas merupakan kegiatan yang berhubungan dengan tugas guru di lapangan. Kegiatan penelitian ini merupakan salah satu upaya guru untuk mengatasi masalah nyata yang ditemukan dalam melaksanakan tugas pembelajaran. Setelah diadakan perbaikan, maka nilai tertinggi yang dicapai siswa mencapai 100 (2 siswa) dan nilai rata-rata kelas sebesar 78,5 atau rata-rata daya serap siswa sebesar 78,5%. Sementara pada siklus terdapat nilai rata-rata sebesar 68 atau daya serap 68 persen. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan sebesar 10,5%. Berdasarkan temuan di atas, penggunaan metode mind mapping dalam pembelajaran tentang jenis-jenis pekerjaan dapat meningkatkan hasil belajar dan ketuntasan belajar siswa.