PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TENTANG CAHAYA PADA SISWA KELAS V SDN BETTET I PAMEKASAN
Main Author: | INDRIYATI, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/27282/1/jiptummpp-gdl-indriyati2-33344-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/27282/2/jiptummpp-gdl-indriyati2-33344-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/27282/ |
Daftar Isi:
- Berdasarkan observasi kondisi SDN Bettet 1 Pamekasan dalam menyajikan pelajaran IPA menemui beberapa kendala. hasil ulangan harian yang dicapai siswa kelas V tahun pelajaran 2011/2012 untuk pokok bahasan “Cahaya” masih menunjukkan hasil yang kurang menggembirakan. 13 orang (40,63%) yang berhasil mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yaitu 65, dan sebanyak 19 orang (59,37%) masih belum tuntas. Ketuntasan belajar secara klasikal belum tercapai karena belum mencapai 80% dari jumlah siswa. Penyebab terjadinya berbagai permasalahan pada saat kegiatan pembelajaran tersebut adalah siswa kurang fokus pada pelajaran. Metode mengajarnya monoton. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, solusi yang bisa dipilih agar dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa, yaitu dengan menggunakan metode pembelajaran yang akan memberikan kesempatan siswa untuk focus dan aktif dalam proses pembelajaran. Salah satu metode yang dapat digunakan adalah metode demonstrasi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri atas dua siklus, setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Tujuan dalam penelitian ini adalah Untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode demonstrasi untuk meningkatkan hasil belajar tentang cahaya pada siswa kelas V SDN Bettet 1 Pamekasan dan Untuk meningkatkan hasil belajar tentang cahaya pada siswa kelas V SDN Bettet 1 Pamekasan. Data hasil belajar siswa diambil test tulis. Analisis data dari penelitian ini dengan cara deskritif kualitatif yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus 1 sampai siklus selanjutnya. Hasil pelaksanaan pembelajaran dengan penggunaan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pada siklus 1 persentase siswa yang mencapai nilai KKM sebesar 76,67% hasil ini dikatakan siswa belum tuntas belajar secara klasikal. Pada siklus 2 mengalami peningkatan, persentase siswa yang mencapai nilai KKM sebesar 96,67% sehingga siswa kelas V SDN Bettet I Pamekasan dikatakan tuntas belajar secara klasikal. Kata Kunci: Demonstrasi, Hasil Belajar. Cahaya, Bettet 1