PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN TEKNIK JARIMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERKALIAN SISWA KELAS II SDN KEPUTRAN IV/335 SURABAYA
Main Author: | MA’RIFATUNNISA’, HANIF |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/27275/1/jiptummpp-gdl-hanifmarif-33368-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/27275/2/jiptummpp-gdl-hanifmarif-33368-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/27275/ |
Daftar Isi:
- Rendahnya kemampuan berhitung siswa pada jenjang yang lebih tinggi dikarenakan siswa tidak menguasai konsep operasi hitung dasar, salah satunya adalah perkalian. Jarimatika merupakan cara berhitung dengan menggunakan alat berupa kesepuluh jari tangan. Dengan menggunakan Jarimatika diharapkan dapat meningkatkan kemampuan berhitung siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus, yang masing-masing siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana penerapan pembelajaran Matematika siswa kelas II SDN Keputran IV Surabaya dengan menggunakan teknik Jarimatika, 2) Bagaimana respon siswa terhadap penggunaan teknik Jarimatika untuk meningkatkan kemampuan berhitung perkalian mata pelajaran matematika siswa kelas II SDN Keputran IV Surabaya, 3) Bagaimana kemampuan berhitung perkalian mata pelajaran matematika siswa setelah menggunakan teknik Jarimatika. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ketuntasan belajar siswa setelah pembelajaran menggunakan teknik Jarimatika tuntas secara klasikal dengan presentase 97,14%; kemampuan berhitung siswa sangat baik dengan presentase 94,17%; hasil respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan teknik Jarimatika adalah positif. Dapat disimpulkan penggunaan teknik Jarimatika dapat meningkatkan kemampuan berhitung siswa kelas II SDN Keputran IV Surabaya. Kata Kunci: Teknik Jarimatika, Kemampuan Berhitung