PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI SIFAT-SIFAT BANGUN RUANG SEDERHANA PADA SISWA KELAS IV DI SDN SUMBERJO I PLANDAAN JOMBANG

Main Author: SUGIARTI, IKA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/27273/1/jiptummpp-gdl-ikasugiart-33370-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/27273/2/jiptummpp-gdl-ikasugiart-33370-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/27273/
Daftar Isi:
  • Selama proses pembelajaran sifat-sifat bangun ruang sederhana, siswa kelas IV di SDN Sumberjo I Plandaan tidak semangat. Kegiatan pembelajaran kurang menarik perhatian siswa, sehingga siswa yang tuntas hanya 40%. Siswa kurang memahami konsep tentang sifat bangun ruang. Guru tidak menggunakan metode yang sesuai dengan karakteristik siswa. Anak SD berada pada tahap operasional konkret, sehingga perlu diterapkan suatu metode yang bisa mengkonkritkan materi. Metode yang sesuai adalah demonstrasi. Dalam metode demonstrasi terdapat suatu peragaan tentang proses, sehingga bisa mengkonkritkan konsep. Peragaan tersebut menarik perhatian siswa dan membuat semangat. Oleh sebab itu peneliti melakukan penelitian tindakan kelas upaya meningkatkan hasil belajar sifat-sifat bangun ruang sederhana siswa kelas IV di SDN Sumberjo I Plandaan dengan metode demonstrasi. Variabel yang menjadi sasaran adalah peningkatan hasil belajar, sedangkan variabel tindakan yang digunakan adalah metode demonstrasi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV di SDN Sumberjo I Plandaan. Penelitian ini menggunakan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan: observasi, tes, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan. Pada pra siklus perencanaan pembelajaran kurang lengkap, pada siklus I dan II perencanaan lebih matang dan perlengkapan pembelajaran lengkap. Nilai karakter siswa lebih meningkat. Siswa lebih aktif. Penampilan atau aktivitas guru lebih baik. Hasil tes pra siklus siswa yang tuntas 40%. Pada siklus I meningkat menjadi 70%. Siklus II meningkat lagi menjadi 100%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan pembelajaran sifat-sifat bangun ruang sederhana kelas IV di SDN Sumberjo I Plandaan. Kata kunci : metode demonstrasi, peningkatan hasil belajar.