MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELAKUKAN PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT MELALUI METODE PEMBERIAN TUGAS MATEMATIKA SISWA KELAS II SDN PALENGAAN LAOK II PAMEKASAN

Main Author: UMRANI,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/27254/1/jiptummpp-gdl-umrani2010-33375-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/27254/2/jiptummpp-gdl-umrani2010-33375-2-bab_i.pdf
http://eprints.umm.ac.id/27254/
Daftar Isi:
  • Pembelajaran dengan menggunakan metode pemberian tugas merupakan penyajian pelajaran dengan cara memperbanyak siswa mengerjakan latihan soal yang tujuan agar hasil belajar siswa meningkat, karena siswa melaksanakan latihan-latihan selama melakukan tugas, sehingga pengalaman siswa dalam mempelajari sesuatu menjadi lebih terintegrasi. Adapun tujuan yang diharapkan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa yang diajarkan dengan menggunakan metode pemberian tugas di SDN Palengaan Laok II Pamekasan. Subjek yang dijadikan sumber data dalam penelilitan ini adalah siswa kelas II SDN Palengaan Laok II Pamekasan dengan jumlah siswa 22 orang. Penelitian pada mata pelajaran matematika materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat dilaksanakan pada semester II (genap) tahun pelajaran 2012-2013. Penelitian tindakan kelas untuk mata pelajaran IPA dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu 1) perencanaan 2) pelaksanaan 3) pengumpulan data dan 4) refleksi. Berdasaran hasil penelitian yang dilakukan pada siklus I didapatkan rata-rata nilai siswa 67,73 dan jumlah siswa yang tuntas belajarnya 13 siswa (59,09%), jadi ketuntasan klasikal belum tercapai, penilaian terhadap metode pemberian tugas juga belum maksimal (51,92%). Untuk siklus II didapatkan rata-rata nilai siswa 79,55 dan jumlah siswa yang tuntas belajarnya adalah 18 siswa (92,82%), jadi ketuntasan klasikal sudah tercapai. Karena dikatakan tuntas belajar jika di kelas tersebut telah terdapat 80% siswa yang tuntas belajar. Adapun respon siswa terhadap kegiatan pembelajaran sangat memuaskan. Jadi penggunaan metode pemberian tugas dapat meningkatkan pemahaman dan ketuntasan belajar siswa dalam materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat pada mata pelajaran matematika kelas II SDN Palengaan Laok II Kecamatan Palengaan Kabupaten Pamekasan. Kata kunci: Hasil Belajar, Penjumlahan, Pengurangan dan Pemberian tugas