PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKN MATERI MENDESKRIPSIKAN NKRI MELALUI PENERAPAN METODE SIMULASI SOSIAL PADA SISWA KELAS V SDN LEBBEK II PAKONG PAMEKASAN

Main Author: MISNATUN,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/27235/1/jiptummpp-gdl-misnatun20-33385-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/27235/2/jiptummpp-gdl-misnatun20-33385-2-bab1.pdf
http://eprints.umm.ac.id/27235/
Daftar Isi:
  • Kondisi SDN Lebbek II Pakong dalam kegiatan belajar mengajar, penulis menemui beberapa kendala, minimnya sarana dan prasarana yang kurang memadai dalam upaya meningkatkan kreasi dan minat siswa dalam mata pelajaran PKn belum dicapai secara maksimal. Dari hasil ulangan harian yang dicapai siswa kelas V materi mendeskripsikan NKRI masih menunjukkan hasil yang kurang memuaskan. Dari 27 orang siswa, hanya 17 orang (63%) yang berhasil mencapai nilai minimal 60, (nilai KKM mata pelajaran PKn kelas V), dan sebanyak 10 orang (37%) masih belum tuntas. Dari hasil refleksi terhadap masalah di atas, penulis sebagai guru kelas V berusaha untuk meningkatkan penguasaan siswa terhadap materi mendeskripsikan NKRI, dengan menggunakan model pembelajaran simulasi sosial. Karena dengan simulasi, siswa bisa berpikir semakin kritis dan bisa mengambil keputusan melalui simulasi tersebut sesuai dengan isi hatinya dan lebih bisa menghayati dalam kehidupannya. Penelitian ini menggunakan model penelitian tindakan yang dikembangkan oleh Kemmis dan Taggart yaitu, model penelitian tindakan berbentuk spiral dari siklus yang satu ke siklus berikutnya. Setiap siklus meliputi planning (perencanaan), action (tindakan), observation (pengamatan), dan reflection (refleksi). Berdasarkan hasil perbaikan pembelajaran pada siklus II seperti telah dikemukakan di atas, didapatkan rata-rata nilai siswa 73,63 atau rata-rata daya serap siswa 73,63% dan jumlah siswa yang tuntas belajarnya adalah 24 siswa (88,88%) sehingga hanya 3 siswa (11.11%) yang belum tuntas belajarnya. Hal ini berarti ketuntasan klasikal sudah tercapai. Berdasarkan temuan di atas, penggunaan metode simulasi dalam pembelajaran tentang mendeskripsikan NKRI mampu meningkatkan hasil belajar dan ketuntasan belajar siswa. Kata Kunci : Peningkatan, hasil belajar, simulasi sosial