PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MENJELASKAN PENTINGNYA MEMILIKI HARGA DIRI SEBAGAI INDIVIDU MELALUI METODE TANYA JAWAB BAGI SISWA KELAS III SDN TAGANGSER DAYA I

Main Author: SUHAIRAH,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/27228/1/jiptummpp-gdl-suhairah20-33391-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/27228/2/jiptummpp-gdl-suhairah20-33391-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/27228/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya kemampuan siswa pada mata pelajaran PKn terutama pada materi ”Pentingnya memiliki harga diri” karena setelah diadakan evaluasi pembelajaran diperoleh hasil belajar siswa yang mencapai ketuntasan belajar yang nilainya 70, hanya 11 siswa (55%) dari jumlah siswa 20. Selama proses pembelajaran banyak siswa yang pasif, tidak merespon setiap pertanyaan yang diberikan oleh guru. Ketika diberikan soal-soal latihan sebagian besar siswa tidak bisa menjawab dan yang menjawab banyak jawaban yang salah (tidak sesuai dengan harapan guru).Dari permasalahan tersebut penulis tertarik untuk mengadakan penelitian dengan merubah metode yang dipakai guru yaitu dengan penggunaan metode tanya jawab, dengan harapan nantinya siswa lebih aktif dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Rumusan permasalahan penelitian ini adalah: 1) Apakah dengan menggunakan metode tanya jawab dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam menjelaskan pentingnya memiliki harga diri sebagai individu Kelas III SDN Tagangser Daya I Kecamatan Pasean Kabupaten Pamekasan? 2) Bagaimana tingkat ketuntasan belajar siswa dalam menjelaskan pentingnya memiliki harga diri sebagai individu melalui metode tanya jawab pada mata pelajaran PKn kelas III SDN Tagangser Daya I Kecamatan Pasean Kabupaten Pamekasan? Sesuai dengan rumusan penelitian, maka tujuan penelitian ini adalah: 1) Apakah dengan menggunakan metode tanya jawab dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam menjelaskan pentingnya memiliki harga diri sebagai individu Kelas III SDN Tagangser Daya I Kecamatan Pasean Kabupaten Pamekasan? 2) Bagaimana tingkat ketuntasan belajar siswa dalam menjelaskan pentingnya memiliki harga diri sebagai individu melalui metode tanya jawab pada mata pelajaran PKn kelas III SDN Tagangser Daya I Kecamatan Pasean Kabupaten Pamekasan? Penelitian ini dilakukan dengan 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/pengumpulan data dan refleksi. Aktifitas siswa dalam pembelajaran Pada siklus I mencapai 50% sedangkan pada siklus II mencapai 82,14 %, sedangkan aktifitas guru dalam pembelajaran Pada siklus I mencapai 57,69% sedangkan pada siklus II mencapai 90,38 %. Rata-rata hasil belajar siswa kelas III SDN Tagangser Daya 1 Kecamatan Pasean Kabupaten Pamekasan Pada siklus I mencapai 65 sedangkan pada siklus II mencapai 73,75. Sedangkan ketuntasan belajar siswa pada siklus I hanya mencapai 55% dan siklus II mencapai 90%. Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa dalam pembelajaran melalui penggunaan metode tanya jawab dalam mata pelajaran PKn pokok bahasan “Menjelaskan pentingnya Memiliki Harga Diri Sebagai Individu” Pada Siswa Kelas III SDN Tagangser Daya 1 terdapat peningkatan yang cukup baik. Kata Kunci: metode tanya jawab, hasil belajar, dan aktivitas belajar.