PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS II TENTANG BAGIAN-BAGIAN TUBUH HEWAN DAN TUMBUHAN SERTA KEGUNAANNYA MELALUI MEDIA GAMBAR DI SDN KEDUNGLEREP KECAMATAN MODO LAMONGAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Main Author: | SUTO, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/27227/1/jiptummpp-gdl-2010104803-33392-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/27227/2/jiptummpp-gdl-2010104803-33392-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/27227/ |
Daftar Isi:
- Pembelajaran IPA di SDN Kedunglerep Kecamatan Modo Lamongan, ternyata masih banyak mengalami kesulitan. Terbukti hasil evaluasi dari 10 siswa nilainya rata-rata masih dibawah KKM. Peserta didik yang tuntas kurang dari 50%, hal tersebut menunjukan bahwa secara klasikal masuk kategori belum tuntas belajar, karena presentase ketuntasan yang dicapai lebih rendah, sedangkan kompetensi dasar ini dikatakan tuntas apabila ketuntasanya mencapai 80%. Ketidaktuntasan peserta didik dikarenakan pemilihan media atau metode pembelajaran yang kurang tepat. Sehingga peneliti melakukan penelitian tindakan kelas ini dalam upaya peningkatkan hasil belajar pada kompetensi dasar mengenal bagian-bagian utama hewan dan tumbuhan di sekitar rumah dan sekolah melalui pengamatan di kelas II SDN Kedunglerep Kecamatan Modo Lamongan. Media yang cocok agar siswa memahami konsepnya adalah media gambar. Media gambar merupakan media visual yang tidak diproyeksikan dan dapat dinikmati semua orang yang memandangnya sebagai wujud perpindahan dari keadaan yang sebenarnya, baik mengenai pemandangan, orang, barang, suasana, tempat, dan benda-benda lainya Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian tindakan ini adalah naskah pemanfaatan media gambar dapat meningkatkan penalaran konsep-konsep IPA bagi siswa kelas II SDN Kedunglerep Kecamatan Modo Kabupaten Lamongan.Tujuan penelitian yang hendak diperoleh adalah meningkatkan pembelajaran IPA dengan menggunakan media gambar di SDN Kedunglerep Kecamatan Modo Kabupaten Lamongan. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (Action research), sebanyak dua putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan pelaksanaan pengumpulan data dan refleksi analisis dan interprestasi, sasaran penelitian ini adalah siswa kelas II SDN Kedunglerep Kecamatan Modo Kabupaten Lamongan. Dalam proses pembelajaran penerapan media gambar dapat menarik minat dan motivasi siswa sehingga aktivitas pembelajaran siswa berlangsung dengan efektif, aktif, interaktif dan menyenangkan. Terbukti hasil pengamatan menunjukkan bahwa rata-rata aktivitas pembelajaran siswa terdapat peningkatan dari siklus I sebesar 64,46% menjadi 87,8% pada siklus II. Dari hasil analisis didapatkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari sebelum siklus I, sampai siklus II. Yaitu sebelum siklus (55%) Siklus I (64.5%) Siklus II (82%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas II SDN Kedunglerep Kecamatan Modo Kabupaten Lamongan. Serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Kata kunci : Peningkatan hasil belajar IPA , media gambar