PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI IPA PADA BAYANGAN CAHAYA MATAHARI MELALUI MEDIA BENDA KONKRIT SISWA KELAS II SDN TLEMANG I KECAMATAN NGIMBANG, KAB. LAMONGAN
Main Author: | RATI, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/27223/1/jiptummpp-gdl-rati201010-33394-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/27223/2/jiptummpp-gdl-rati201010-33394-2-bab1.pdf http://eprints.umm.ac.id/27223/ |
Daftar Isi:
- Sebagaimana telah dialami dan dijumpai bahwa pembelajaran yang diterapkan sekarang ini masih sering kurang memotivasi belajar siswa dan rendahnya prestasi hasil belajar siswa yang disebabkan oleh kurangnya alat peraga dan kurangnya keterlibatan anak dalam praktik. Sebagaimana telah kami alami dalam pembelajaran IPA yang erat hubungannya dengan alam sekitar yaitu tentang hubungan antara kedudukan matahari dengan bayang–bayang yang terbentuk ternyata masih mengalami kesulitan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran IPA khususnya hubungan antara kedudukan matahari dengan bayang–bayang yang terbentuk kelas II Semester 2 SDN Tlemang I Kecamatan Ngimbang dilakukan pada bulan Mei Tahun 2013 di SDN Tlemang I dengan responden adalah siswa kelas II sebanyak 9 anak. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas melalui penerapan media konkrit. Penelitian ini menggunakan 2 siklus yang masing–masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian di SDN Tlemang I kelas II yang dilakukan sebanyak 2 siklus, maka hasil belajar siswa yang mencakup pre-test dan post-test mengalami peningkatan yaitu pada siklus I hasil post-test 55,6% sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan yaitu 88,9%. Sesuai hasil yang diperoleh diharapkan guru lebih kreatif jika ingin menerapkan media konkrit karena guru harus memperhatikan latar belakang pengalaman siswa agar bahan pelajaran menjadi lebih bermakna selain itu siswa mempunyai banyak kesempatan untuk mengolah informasi dan meningkatkan keterampilan berkomunikasi. Kata Kunci : Media Pembelajaran, Media Benda Konkrit