MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA CHARTA DAN KERTAS LIPAT SISWA KELAS IV SDN PACANGGAAN 1 PANGARENGAN SAMPANG

Main Author: HOBIR, ABDUL LATIFUL
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/27216/1/jiptummpp-gdl-abdullatif-33399-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/27216/2/jiptummpp-gdl-abdullatif-33399-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/27216/
Daftar Isi:
  • Pencapaian standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran matematika di kelas IV SDN Pacanggaan 1 masih rendah. Hal ini terlihat pada kompetensi dasar sebelumnya, siswa yang mendapat nilai di bawah 65 mencapai 59 % dari 17 siswa. Penggunaan media pembelajaran dirasa sangat penting untuk membantu siswa dalam memahami konsep-konsep matematika. Salah satu media yang dianggap cocok untuk membantu siswa memahami konsep matematika terutama konsep bilangan pecahan adalah media charta dan kertas lipat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan hasil belajar matematika melalui penggunaan media charta dan kertas lipat siswa kelas IV SDN Pacanggaan 1 Pangarengan Sampang? Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Kegiatan pada setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengumpulan data, dan refleksi. Langkah-langkah penggunaan media charta dan kertas lipat adalah (1) menjelaskan pentingnya bilangan pecahan dalam kehidupan, (2) menyampaikan secara singkat materi dan tujuan pembelajaran yang akan dipelajari, (3) guru menjelaskan penyederhanaan pecahan, (4) guru menyajikan gambar bidang datar yang dibagi menjadi beberapa bagian, (5) tanya jawab tentang nilai pecahan yang senilai, (6) tanya jawab tentang penyederhanaan nilai pecahan. Pembelajaran diakhiri dengan menyimpulkan materi pelajaran. Perbaikan penggunaan media charta berupa gambar bidang datar yang terbagi menjadi beberapa bagian pada siklus I dan media charta dan kertas lipat pada siklus II. Berdasarkan analisis hasil pengamatan teman sejawat, hasil penelitian ini menunjukkan: Pertama, penggunaan media pembelajaran pada siklus I hanya mencapai 2,6 berarti kurang baik. Setelah dilakukan perbaikan terhadap penggunaan media dan diterapkan pada pembelajaran siklus II ternyata hasilnya menunjukkan adanya peningkatan, yaitu mencapai 3,3 yang berarti baik. Kedua, aktivitas guru dalam proses pembelajaran terjadi kenaikan yang signifikan. Hasil pengamatan terhadap aktivitas pembelajaran menunjukkan 2,9 pada siklus I yang berarti kurang baik, sedangkan pada siklus II mengalami kenaikan menjadi 3 yang berarti baik. Ketiga, Siswa yang tuntas belajar pada pembelajaran siklus I hanya mencapai 47 %, sedangkan pada siklus II ketuntasan belajar siswa mencapai 82 % dengan kriteria ketuntasan minimal 65. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media charta dan kertas lipat dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN Pacanggaan 1 Pangarengan Sampang.