PENINGKATAN HASIL BELAJAR OPERASI HITUNG PEMBAGIAN MELALUI MEDIA BENDA KONKRIT PADA SISWA KELAS II SDN SEMAMPIREJO I KECAMATAN SAMBENG KABUPATEN LAMONGAN

Main Author: PURWANTI, ENI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/27199/1/jiptummpp-gdl-enipurwant-33422-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/27199/2/jiptummpp-gdl-enipurwant-33422-2-bab_i.pdf
http://eprints.umm.ac.id/27199/
Daftar Isi:
  • Suatu pembelajaran dikatakan berhasil apabila sudah sesuai dengan tujuan pembelajaran. Pada pembelajaran Matematika tentang pembagian dengan cara pengurangan berulang siswa kelas II SDN Semampirejo I Kecamatan Sambeng Kabupaten Lamongan, pada evaluasi sebelum dilakukan penelitian siswa mengerjakan soal 10 tetapi hasilnya tidak memuaskan. Atas dasar inilah maka dilakukan penelitian tindakan kelas. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa pada pembelajaran matematika pada tema pembagian dengan cara pengurangan berulang dengan menggunakan media benda konkrit berupa permen dan sapu lidi. Pada saat penelitian tindakan kelas ini peneliti dibantu oleh teman sejawat untuk merekam segala kejadian yang terjadi pada saat pembelajaran. penelitian tindakan kelas ini dibagi menjadi dua siklus yaitu siklus I dan Siklus II. Pada siklus I metode yang digunakan adalah ceramah dan tanya jawab serta penugasan dengan menggunakan media konkrit berupa permen. Pada siklus II peneliti menggunakan metode demonstrasi kelompok dengan menggunakan permen dan sapu lidi. Hasil penelitian yang diperoleh melalui siklus I dan siklus II menunjukkan adanya kenaikan yang signifikan. Hal ini terlihat setelah dilakukan penelitian siklus I hasil evaluasi mencapai 38% dan setelah dilaksanakan penelitian siklus II hasil evaluasi mencapai 85%. Jadi dapat disimpulkan terdapat pengaruh positif dan signifikan dari pengaruh peningkatan hasil belajar dengan menggunakan media benda konkrit pada siswa kelas II SDN Semampirejo I Kecamatan Sambeng Kabupaten Lamongan.