PENGGUNAAN METODE DISKUSI KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV SDN TAGANGSER LAOK II PAMEKASAN
Main Author: | ZAMZAMI, ELLY |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/27189/1/jiptummpp-gdl-ellyzamzam-33427-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/27189/2/jiptummpp-gdl-ellyzamzam-33427-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/27189/ |
Daftar Isi:
- Data nilai ulangan harian kelas IV SDN Tagangser Laok 2 Waru Pamekasan dari 21 siswa sebanyak 10 siswa (41,61%) mendapatkan nilai ≥ 65 dan dinyatakan tuntas belajar, sedangkan 11 siswa (68,39%) mendapatkan nilai < 65 dan dinyatakan tidak tuntas belajar. Hasil observasi di kelas IV SDN Tagangser Laok 2 Waru Pamekasan diketahui bahwa rendahnya aktivitas dan ketuntasan hasil belajar siswa disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu: (1) metode pembelajaran yang digunakan guru kurang inovatif, guru lebih sering menggunakan metode ceramah, tanya jawab, dan mengerjakan soal latihan, (2) media pembelajaran yang digunakan guru kurang bervariasi, (3) guru jarang mengajak siswa berinteraksi sehingga membuat siswa kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran. peneliti memandang perlu adanya penerapan metode diskusi kelompok untuk mengatasi permasalahan pembelajaran matematika. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan hasil belajar matematika melalui penggunaan metode diskusi kelompok siswa kelas IV SDN Tagangser Laok II Pamekasan? Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Kegiatan pada setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengumpulan data, dan refleksi. Selama penelitian berlangsung peneliti dibantu oleh teman sejawat untuk memonitor jalannya penelitian dan membantu memberikan petunjuk atau saran perbaikan pembelajaran. Langkah penggunaan metode diskusi kelompok adalah : (1) siswa berdiskusi cara menuliskan lambang bilangan romawi, (2) secara berkelompok siswa mendiskusikan latihan soal tentang lambang bilangan romawi, (3) setiap kelompok menyampaikan hasil diskusi, kelompok lain menanggapi hasil diskusi. (1) guru bersama siswa menyimpulkan pelajaran. Hasil pengamatan teman sejawat terhadap aktivitas pembelajaran yang dilakukan guru menunjukkan 2,7 pada siklus I yang berarti kurang baik, sedangkan pada siklus II mengalami kenaikan menjadi 3, yang berarti baik. Hasil belajar matematika siswa juga terjadi kenaikan yang signifikan. Siswa yang tuntas belajar pada pembelajaran siklus I hanya mencapai 52%, sedangkan pada siklus II ketuntasan belajar siswa mencapai 90 % dengan kriteria ketuntasan minimal 66. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode diskusi kelompok dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN Tagangser Laok II Pamekasan.