PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MERAWAT TUBUH KELAS I DI SDN SUKOSARI KECAMATAN MANTUP KABUPATEN LAMONGAN

Main Author: SULISTYAWATI,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/27183/1/jiptummpp-gdl-sulistyawa-33436-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/27183/2/jiptummpp-gdl-sulistyawa-33436-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/27183/
Daftar Isi:
  • Siswa kelas I banyak yang belum mampu tentang bagaimana cara merawat sebagaian anggota tubuh atau seluruh anggota tubuhnya sendiri, perlu adanya metode yang tepat dalam menyajikan bahan pelajaran agar siswa lebih mudah memahami dan dapat meningkatkan kemapuan. Berdasarkan PTK yang berjudul “Penerapan Metode Demonstrasi untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Menunjukkan Cara Merawat Tubuh Kelas I di SDN Sukosari Lamongan Tahun Pelajaran 2012 / 2013” yang melatar belakangi adalah banyaknya siswa kelas I yang belum bisa merawat sebagaian anggota tubuh atau seluruh anggota tubuhnya sendiri. Demontrasi merupakan metode mengajar yang menyajikan bahan pelajaran dengan menunjukkan secara langsung obyek atau cara melakukan sesuatu sehingga dapat mempelajarinya secara proses. Dengan memahami arti demontrasi anak dapat meningkatkan kemampuan terhadap materi yang diberikan karena dapat langsung menerapkannya. Dari latar belakang di atas, maka penulis melakukan Penelitian Tindakan Kelas dengan judul Penerapan Metode Demonstrasi untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Menunjukkan Cara Merawat Tubuh Kelas I di SDN Sukosari Lamongan, dengan harapan dapat meningkatkan kemampuan siswa dan hasil belajar sesuai dengan KKM yang diharapkan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dipaparkan selama dua siklus dapat disimpulkan sebagi berikut : Metode Demonstrasi dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menunjukkan cara merawat tubuh. Siswa dapat bekerja secara mandiri maupun kelompok serta mampu mempertanggungjawabkan segala tugas individu maupun kelompok. Siswa dapat menyampaikan pendapat, ide, gagasan, dan pertanyaan melalui Metode Demonstrasi. Metode Demonstrasi dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Metode Demontrasi memiliki dampak positif dalam menigkatkan kemampuan siswa yang ditandai dengan hasil belajar siswa dalam setiap siklus, yaitu siklus I ( 67% ) dan siklus II ( 88%). Dari 18 siswa. Kata Kunci : Metode Demontrasi, Meningkatkan Kemampuan