PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MEMAHAMI LUAS PERSEGI PANJANG MELALUI MEDIA PAPAN BERPAKU PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS III SD PLUS MUHAMMADIYAH WARU PAMEKASAN

Main Author: SURAYYAH,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/27177/1/jiptummpp-gdl-surayyah20-33438-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/27177/2/jiptummpp-gdl-surayyah20-33438-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/27177/
Daftar Isi:
  • Kondisi di SD Plus Muhammadiyah Waru Pamekasan Berdasarkan pengamatan yang dilakukan di kelas III SD Plus Muhammadiyah Waru Pamekasan pada mata pelajaran matematika sebagian siswa kurang bersemangat, aktivitas belajarnya rendah, Berbagai permasalahan tersebut sangat menghambat proses pembelajaran yang berlangsung sehingga hasil belajar yang diperoleh siswa sangat rendah. Hasil belajar siswa pada materi “menghitung luas persegi panjang” dari 23 orang siswa hanya 10 orang (43,48%) yang berhasil mencapai nilai minimal 65 atau mencapai Kreteria Ketuntasan Minimal (KKM), dan sebanyak 13 orang (56,52%) masih belum tuntas atau berada di bawah KKM. Dari hasil belajar tersebut ketuntasan belajar secara klasikal dapat dikatakan belum tuntas karena berada dibawah standar yang ditetapkan yaitu 80%. Penyebab terjadinya berbagai permasalahan pada saat kegiatan pembelajaran tersebut adalah materi yang disampaikan tidak kongkrit guru menggunakan media pembelajaran kurang sesuai dengan materi yang sedang diajarkan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan menggunakan media pembelajaran yang akan memberikan kesempatan siswa untuk aktif terlibat secara langsung. Salah satu media yang dapat digunakan adalah media papan berpaku. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri atas 2 siklus, setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Mengetahui dan mendeskripsikan penggunaan papan berpaku sebagai media memahami luas persegi panjang pada mata pelajaran matematika kelas III SD Plus Muhammadiyah Waru Pamekasan. Data hasil belajar siswa diambil dengan menggunakan lembar observasi dan test tulis. Analisis data dari penelitian ini dengan cara deskritif kualitatif yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus 1 sampai siklus 2. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa, dari 23 siswa yang mengikuti tes ada 16 siswa yang memperoleh nilai ≥ nilai KKM dengan persentase 69,57% di siklus 1 sehingga dikatakan siswa belum tuntas belajar secara klasikal, kemudian meningkat menjadi 23 siswa yang memperoleh nilai ≥ nilai KKM dengan persentase 91,30% di siklus 2 sehingga dikatakan siswa tuntas belajar secara klasikal. Kata Kunci: Media Papan berpaku, Hasil Belajar