UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PECAHAN SEDERHANA MELALUI MEDIA BENDA MANIPULATIF SISWA KELAS III SDN TUNGGUNJAGIR IV KECAMATAN MANTUP KABUPATEN LAMONGAN SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Main Author: | ERNAWATI, SUS |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/27176/1/jiptummpp-gdl-susernawat-33439-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/27176/2/jiptummpp-gdl-susernawat-33439-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/27176/ |
Daftar Isi:
- Pembelajaran dengan metode kurang variatif menyebabkan siswa kurang terlibat aktif dan hasilnya kurang tuntas. Untuk meningkatkan ketuntasan belajar ini, maka digunakan media manipulatif. Dengan diterapkannya media manipulatif ini ketuntasan belajar siswa dapat mencapai hasil yang maksimal. Penelitian ini berdasarkan permasalahan: (1) Bagaimanakah penggunaan media manipulatif pada mata pelajaran matematika tentang pecahan sederhana dan penggunaannya dalam pemecahan masalah pada siswa kelas III SDN Tunggunjagir IV? (2) Bagaimanakah peningkatan prestasi belajar pecahan sederhana siswa kelas III SDN Tunggunjagir IV setelah diterapkan media manipulatif? Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar matematika pada materi pecahan sederhana setelah menggunakan media manipulatif. Penelitian tindakan kelas ini diadakan sebanyak 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengumpulan data, dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Tunggunjagir IV Kecamatan Mantup Kabupaten Lamongan yang terdiri dari 6 siswa laki-laki dan 3 siswa perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan tes. Pada siklus pertama nilai rata-rata hasil belajar adalah 78,89, dan nilai rata-rata pada siklus 2 adalah 92,22. Prestasi belajar siswa pada siklus 1 adalah 77,78 % dan pada siklus 2 adalah 100 %. Hasil belajar siswa pada siklus 2 tuntas, karena pada proses belajar mengajar guru menggunakan media benda manipulatif. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media manipulatif dapat memperbaiki proses belajar mengajar di kelas dan berpengaruh positif terhadap peningkatan belajar siswa. Berdasarkan hasil tersebut penggunaan media manipulatif dapat diterapkan dalam pembelajaran matematika khususnya materi pecahan sederhana sebagai alternatif metode belajar guna menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Kata Kunci: Media Benda Manipulatif, Pecahan Sederhana