PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN REALISTICS MATHEMATIC EDUCATION (RME) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI BANGUN DATAR SISWA KELAS II SDN SUKOSARI KECAMATAN MANTUP KABUPATEN LAMONGAN
Main Author: | AGUSTIN, YETTY |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/27166/1/jiptummpp-gdl-yettyagust-33446-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/27166/2/jiptummpp-gdl-yettyagust-33446-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/27166/ |
Daftar Isi:
- Permasalahan yang ada di SDN Sukosari Kecamatan Mantup Kabupaten Lamongan adalah rendahnya penguasaan siswa terhadap mata pelajaran matematika dengan pokok bahasan bangun datar. Ini terbukti dari hasil belajar siswa yang tuntas hanya 8 (44,44%) siswa dari 18 siswa. Berdasarkan permasalahan di atas, penulis dapat merumuskan masalah yaitu:1).Bagaimana penggunaan model pembelajaran Realistics Mathematic Education (RME) pada siswa kelas II SD Negeri Sukosari pada mata pelajaran matematika pokok bahasan bangun datar?.2).Bagaimana peningkatan hasil belajar siswa kelas II SDN Sukosari mata pelajaran matematika dengan pokok bahasan bangun datar dengan penerapan model pembelajaran Realistics Mathematic Education (RME)?. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu : 1).Mendiskripsikan penggunaan model pembelajaran Realistics Mathematic Education (RME) pada siswa kelas II SDN Sukosari mata pelajaran Matematika dengan pokok bahasan bangun datar. 2).Mendiskripsikan peningkatan hasil belajar siswa kelas II SDN Sukosari mata pelajaran Matematika dengan pokok bahasan bangun datar setelah diterapkan model pembelajaran Realistics Mathematic Education (RME). Untuk memperoleh data-data yang valid dan dapat dipertanggungjawabkan, peneliti menggunakan dua metode pengumpulan data, yaitu observasi dan tes. Penerapan model Realistic Mathematic Education (RME) untuk meningkatkan hasil belajar materi bangun datar siswa kelas II SDN Sukosari Kecamatan Mantup Kabupaten Lamongan dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut : langkah 1 : memahami masalah kontektual, langkah 2 : menjelaskan masalah kontektual, langkah 3: menyelesaikan masalah kontektual, langkah 4: membandingkan dan mendiskusikan jawaban, langkah 5 : menyimpulkan. Hasil belajar matematika siswa kelas II SDN Sukosari Kecamatan Mantup Kabupaten Lamongan pokok bahasan bangun datar dapat meningkat melalui penerapan model Realistics Mathematic Education (RME). Hal ini terbukti dari hasil belajar siswa pra penelitian menunjukkan siswa yang tuntas hanya 8 siswa dari 18 siswa (44,44%), setelah diterapkan Realistics Mathematic Education (RME) hasil belajar siswa pada siklus I menunjukkan peningkatan menjadi 12 siswa tuntas dari 18 siswa (66,67%). Pada siklus II peningkatan hasil belajar siswa sangat signifikan, semua siswa sebanyak 18 anak telah tuntas (100%). Kata Kunci : Model Pembelajaran Realistics Mathematic Education (RME)