PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA ASPEK BERBICARA MELALUI MEDIA GAMBAR BERSERI PADA SISWA KELAS III SDN KEDUNGDADI II KECAMATAN SUGIO LAMONGAN

Main Author: ERAWATI, NANIK
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/27165/1/jiptummpp-gdl-nanikerawa-33493-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/27165/2/jiptummpp-gdl-nanikerawa-33493-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/27165/
Daftar Isi:
  • Pola penerapan Metode belajar mengajar dengan cara lama seperti guru menerangkan kepada siswa biasanya siswa sulit memahami,menerapkan,memberi umpan balik,merangkum dan membuat kesimpulan. Walaupun dengan intensitas belajar mengajar yang lebih lama akan cenderung mengalami kejenuhan. Berlatar belakang dari permasalahan tersebut metode pembelajaran dengan pola aspek berbicara bisa diperbarui dengan metode bembelajaran melalui media gambar berseri pada pembelajaran bahasa indonesia. Rumusan masalah pada penelitian ini, adalah (1) Bagaimanakah prosedur penggunaan media gambar berseri pada pembelajaran bahasa indonesia aspek berbicara pada kelas III SDN Kedungdadi II? (2) Bagaimanakah peningkatan belajar bahasa indonesia aspek berbicara menggunakan media gambar berseri pada siswa kelas III SDN Kedungdadi II? Tujuan dari penelitian ini diantaranya (1) Mendeskripsikan penggunaan media berseri dalam pembelajaran bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan bercerita siswa dalam bahasa Indonesia; (2) Meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SDN Kedungdadi II dalam bercerita menggunakan bahasa Indonesia melalui media berseri. Berdasarkan permasalahan dan tujuan penelitian maka kegiatan ini dilaksanakan dengan penelitian tindakan kelas sebanyak 2 siklus yang masing-masing siklus dilaksanakan dalam 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas tiga SDN Kedungdadi II kecamatan Sugio kabupaten Lamongan yang berjumlah 18 siswa. Kesimpulan bahwa hasil evaluasi siswa selama berlangsung penelitian pada siklus I sebesar 65% meningkat menjadi 82,5% pada siklus II sehingga mengalami sebesar 17,5% .Dengan demikian dapat dikatakan bahwa guru telah mampu melaksanakan dan mengelola pembelajaran menggunakan gambar berseri dengan baik. Kata kunci : Kemampuan bercerita, gambar berseri