PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYIMAK DONGENG DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA PESERTA DIDIK KELAS V SDN KALIKEJAMBON KECAMATAN TEMBELANG KABUPATEN JOMBANG

Main Author: Parmi,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/27163/1/jiptummpp-gdl-parmi20101-33494-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/27163/2/jiptummpp-gdl-parmi20101-33494-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/27163/
Daftar Isi:
  • Pembelajaran menyimak di Sekolah Dasar merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang memegang peranan penting. Keterampilan ini merupakan keterampilan pertama yang dikuasai peserta didik dan memiliki peranan terhadap keterampilan berbahasa serta penguasaan materi pelajaran yang lain. Pemilihan strategi dan media pembelajaran yang tepat merupakan hal yang harus dipertimbangkan oleh pendidik agar tujuan pembelajaran dapat tercapai. Berdasarkan observasi awal, keterampilan menyimak pada siswa kelas V SDN Kalikejambon, Kecamatan Tembelang, Kabupaten Jombang masih kurang dan belum mencapai Kriteria Ketetapan Minimal yang telah ditetapkan di satuan pendidikan tersebut. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata kelas yang kurang dari 70. Berdasarkan masalah di atas tujuan penelitian ini untuk mendeskripsi peningkatan keterampilan menyimak dongeng pada peserta didik kelas V SDN Kalikejambon. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas dengan dua siklus yang dilaksanakan pada siklus I tanggal 15 s.d. 16 Mei 2013 dan siklus II pada tanggal 22 s.d. 23 Mei 2013 Berdasarkan analisis data penelitian keterampilan menyimak dongeng siswa pada pratindakan, siklus I, dan siklus II terlihat adanya peningkatan nilai. Sebelum dilakukan tindakan, nilai rata-rata menyimak dongeng sebesar 55,92. Pada siklus I terjadi peningkatan dengan nilai rata-rata 66,08 dan siklus II sebesar 82,11. Peningkatan keterampilan menyimak dongeng ini diikuti dengan perubahan perilaku negatif menjadi perilaku positif dalam pembelajaran menyimak dongeng. Pada siklus II sikap peserta didik dalam menyimak lebih baik dari siklus I Berdasarkan hasil penelitian diperoleh simpulan penerapan pembelajaran menyimak dongeng dengan menggunakan media audio visual telah berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V SDN Kalikejambon, Kecamatan Tembelang, Kabupaten Jombang. Kata kunci: Keterampilan menyimak, dongeng, media, dan media audio visual