PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MATERI FPB DAN KPK PELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR DI MI NURUL ULUM KAYEN KECAMATAN SUGIO KABUPATEN LAMONGAN

Main Author: MIRHAZAM, RINGKU
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/27158/1/jiptummpp-gdl-ringkumirh-33516-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/27158/2/jiptummpp-gdl-ringkumirh-33516-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/27158/
Daftar Isi:
  • Siswa banyak sekali tidak bisa memahami dan mengerti tentang konsep mencari serta menentukan Faktor Persekutuan Terbesar (FPB) dan Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) pada pelajaran matematika, dilihat dari hasil ujian siswa nilai mereka selalu rendah dibawah standar ketuntasan minimum, bahkan pada waktu materi pelajaran FPB dan KPK banyak anak yang tidak bersemangat dan tidak memperhatikan untuk mengikuti pelajaran tersebut. Sesuai dengan tujuan penelitian tindakan kelas ini untuk mendeskripsi-kan dan mengetahui langkah-langkah penerapan media gambar untuk meningkat-kan hasil belajar materi tentang FPB dan KPK pada pelajaran matematika pada siswa kelas IV MI Nurul Ulum Kayen Kecamatan Sugio Kabupaten Lamongan Tahun Pelajaran 2012/2013. Metode pengumpulan data dengan menggunakan observasi yang terdiri dari kegiatan guru dan kegiatan siswa dan tes untuk mengetahui sejauh mana tingkat keberhasilan siswa untuk meningkatkan hasil belajar dengan menggunakan media gambar Prosentase ketuntasan dan hasil belajar siklus I yaitu ketuntasan 53% nilai rata-rata 60 dengan ketuntasan dan presentasi hasil belajar siklus II yaitu ketuntasan 93% nilai rata-rata 76, dengan demikian upaya yang dilakukan peneliti meningkatkan hasil belajar matematika materi tentang Faktor Persekutuan Terbesar (FPB) dan Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) pada pelajaran matematika menggunakan media gambar terhadap siswa kelas IV MI Nurul Ulum Kayen berhasil Kata kunci: FPB dan KPK, Matematika, Media Gambar