PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PENGGUNAAN METODE TANYA JAWAB SISWA KELAS IV SDN KANGENAN II PAMEKASAN

Main Author: NINGSIH, EKA KUSMIYATI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/27157/1/jiptummpp-gdl-ekakusmiya-33518-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/27157/2/jiptummpp-gdl-ekakusmiya-33518-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/27157/
Daftar Isi:
  • Tujuan pelaksanaan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Kangenan II Pamekasan melalui penggunaan metode tanya jawab. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah tingkat ketuntasan belajar siswa dalam pembelajaran IPS melalui penggunaan metode tanya jawab Kelas IV SDN Kangenan II Pamekasan? Tindakan perbaikan pembelajaran yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penggunaan metode tanya jawab dalam rangka meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Kangenan II Pamekasan. Sedangkan objek penelitian ini adalah siswa kelas IV dengan lokasi di SDN Kangenan II Pamekasan. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus siklus. Kegiatan pada setiap siklus terdiri atas perencanaa, pelaksanaan, pengumpulan data, dan refleksi. Penggunaan metode tanya jawab dalam penelitian ini dilakukan dengan langkah-langkah (1) tanya jawab searah tentang jenis teknologi produksi dan komunikasi (siklus I) dan tanya jawab multi arah tentang jenis-jenis teknologi transportasi masa lalu dan masa kini dengan menggunakan pertanyaan eksploratif (siklus II), (2) guru menunjukkan gambar alat teknologi transportasi, (3) Tanya jawab tentang cara penggunaan alat teknogi transportasi, dan (4) tanya jawab tentang jenis teknologi transportasi berdasarkan tempat penggunaannya. Selama penelitian berlangsung peneliti dibantu oleh teman sejawat untuk memonitor jalannya penelitian dan membantu memberikan petunjuk atau saran perbaikan pembelajaran. Perbaikan penggunaan metode tanya jawab pada siklus I dan tanya jawab dengan pertanyaan menggali (eksploratif) pada siklus II. Ketuntasan belajar siswa pada siklus I sebesar 40 % sedangkan ketuntasan belajar pada siklus II sebesar 90 % dengan KKM 66. Dengan hasil tersebut menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar yang signifikan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode tanya jawab dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Kangenan II Pamekasan.