PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PAPAN BERPAKU TENTANG PENCERMINAN BANGUN DATAR SISWA KELAS IV SDN BETTET 1 KECAMATAN PAMEKASAN
Main Author: | KUWAY, NOVIA PETRONELA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/27154/1/jiptummpp-gdl-noviapetro-33521-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/27154/2/jiptummpp-gdl-noviapetro-33521-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/27154/ |
Daftar Isi:
- Pembelajaran dengan menggunakan metode demonstrasi merupakan cara penyajian pelajaran dengan memperagakan dan mempertunjukkan kepada siswa tentang suatu proses, situasi atau benda tertentu yang sedang dipelajari baik dalam bentuk sebenarnya maupun dalam bentuk tiruan yang dipertunjukkan oleh guru yang disertai dengan penjelasan lisan. Rumusan masalah penelitian adalah “Apakah penggunaan papan berpaku dapat meningkatkan pemahaman tentang pencerminan bangun datar siswa kelas IV SDN Bettet 1 Kecamatan Pamekasan ?”.Adapun tujuan yang diharapkan dalam penelitian ini adalah untuk Mendeskripsikan cara meningkatkan pemahaman tentang pencerminan bangun datar dengan menggunakan papan berpaku pada siswa kelas IV SDN Bettet 1 Kecamatan Pamekasan serta mendeskripsikan penerapan penggunaan papan berpaku untuk meningkatkan pemahaman tentang pencerminan bangun datar siswa kelas IV SDN Bettet 1 Kecamatan Pamekasan. Subjek yang dijadikan sumber data dalam penelilitan ini adalah siswa kelas IV SDN Bettet 1 Kecamatan Pamekasan Kabupaten Pamekasan dengan jumlah siswa 22 orang. Penelitian pada mata pelajaran Matematika materi Pencerminan Bangun Datar dilaksanakan pada semester II (genap) tahun pelajaran 2012-2013. Penelitian tindakan kelas untuk mata pelajaran Matematika dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu 1) perencanaan 2) pelaksanaan 3) pengumpulan data dan 4) refleksi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada siklus I mendapatkan rata-rata nilai siswa 59,1 dan jumlah siswa yang tuntas belajar sebanyak5 siswa yaitu 48,7%jadi ketuntasan secara klasikal belum tercapai. Untuk siklus II mendapatkan rata-rata nilai siswa 73,4 dan jumlah siswa yang sudah tuntas belajar adalah 14 siswa yaitu 70,4 %, jadi ketuntasan belajar secara klasikal sudah tercapai. Jadi penggunaan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam materi Pencerminan Bangun Datar pada mata pelajaranMatematikakelas IV SDN Bettet 1 Kecamatan Pamekasan Kabupaten Pamekasan. Kata kunci: Peningkatan, Hasil Belajar, Media,Pencerminan, dan Siswa