PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN SEPULUH JARI DALAM PERKALIAN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III A SD NEGERI RANGKAH IV-SURABAYA TAHUN PELAJARAN 2012-2013

Main Author: SURATIN,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/27144/1/jiptummpp-gdl-suratin201-33526-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/27144/2/jiptummpp-gdl-suratin201-33526-2-bab1.pdf
http://eprints.umm.ac.id/27144/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penggunaan Media pembelajaran sepuluh Jari Dalam Perkalian untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika siswa kelas IIIA di SDN Rangkah IV – Surabaya Tahun Pelajaran 2012 -2013 Rancangan penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri atas tahapan : (a) tahap perencanaan media pembelajaran sepuluh jari dalam perkalian (b) tahap kegiatan dan pelaksanaan media pembelajaran sepuluh jari dalam perkalian,(c) tahap observasi yang dilakukan oleh peneliti dan obsever (d) tahap evaluasi hasil belajar siswa (e) refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Rangkah IV- Surabaya yang terdiri dari 45 siswa dengan rincian 16 siswa perempuan dan 29 siswa lakilaki. Instrumen penelitian berupa pedoman observasi, dokumentasi dan soal tes. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa : 1. Media sepuluh jari tangan dalam perkalian dapat meningkatkan prestasi belajar matematika kelas IIIA SDN Rangkah IV – Surabaya ialah dengan cara memberikan program perbaikan dan pengayaan setelah proses evaluasi soal. 2. Dari hasil kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan selama dua siklus, dan berdasarkan analisis evaluasi formatif siklus I diperoleh rata-rata atau mean = 68,2 sedangkan pada analisis evaluasi formatif siklus II setelah adanya program perbaikan dan pengayaan diperoleh rata-rata atau mean =82,1 jadi X1 < X2 , maka telah terjadi peningkatan prestasi belajar siswa kelas IIIA SDN Rangkah IV-Surabaya dengan mengunakan media sepuluh jari tangan dalam perkalian. Kata Kunci : Media pembelajaran sepuluh jari dalam perkalian,metode bermain, prestasi belajar matematika, Aktivitas siswa