PENGGUNAAN MEDIA PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS III SDN TULUNGREJO 02 KECAMATAN DONOMULYO KABUPATEN MALANG

Main Author: Adianti, Dria Candra
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/27133/1/jiptummpp-gdl-driacandra-33546-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/27133/2/jiptummpp-gdl-driacandra-33546-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/27133/
Daftar Isi:
  • Pembimbing (I) Dr. Endang Poerwanti., M.Pd. (II) Dr.Yuni Pantiwati, M.M, M.Pd. Hasil observasi awal, siswa mengalami permasalahan dalam pembelajaran IPA. Karena pelaksanaan pembelajaran banyak menggunakan metode caramah dan kurang menggunakan media pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran mata pelajaran IPA dengan menggunakan media puzzle yang dapat meningkatkan hasil belajar serta untuk menjelaskan peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan media puzzle pada siswa kelas III SDN Tulungrejo 02 Kecamatan Donomulyo Kabupaten Malang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dan desain penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Langkah penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menggunakan media puzzle dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada proses pembelajaran dapat diketahui dengan pengamatan terhadap 4 aspek, yaitu: (1) kerjasama (2) keaktifan (3) keberanian dan (4) tekun. Berdasarkan hasil tes evaluasi, diketahui rata-rata nilai hasil belajar mengalami peningkatan pada siklus I ketuntasan hasil belajar adalah 64,7% sedangkan pada siklus II hasil belajar siswa mencapai 94,10%. Prosentase ini melebihi kriteria keberhasilan yang telah ditetapkan dalam penelitian yaitu 70% dengan ketuntasan minimal 70. Peningkatan tersebut membuktikan bahwa penggunaan media puzzle dapat meningkatkan hasil belajar siswa.