PENGEMBANGAN MEDIA KARTU DOMINO UNTUK PENINGKATAN KEMAMPUAN PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN PECAHAN PADA SISWA KELAS V SD
Main Author: | HAYATI, SRI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/27127/1/jiptummpp-gdl-srihayati0-33548-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/27127/2/jiptummpp-gdl-srihayati0-33548-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/27127/ |
Daftar Isi:
- Pembimbing: (1) Dra. Hari Windu Asrini, M. Si. (II) Dr. Ainur Rofieq, M. Kes. Pembelajaran matematika SD umumnya masih bersifat sebagai menyampaikan informasi tanpa melibatkan siswa untuk membangun sendiri pemahamannya. Berdasarkan hasil studi awal yang dilakukan peneliti, diperoleh data bahwa siswa sudah memahami konsep pecahan namun kurang teliti sehingga banyak kesalahan dalam menghitung hasil akhir sehingga perlu adanya penggunaan media yang menyenangkan serta media yang mampu melatih siswa berfikir cepat, cerdas, kritis, dan efektif. Penelitian ini bertujuan : (1) Mengembangkan media kartu domino untuk peningkatan penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahan pada kelas V SD, dan (2) Untuk mengetahui keterterapan media kartu domino yang sedang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan Penelitian Pengembangan (Research and Development) dengan tiga tahap. (a) Studi pendahuluan dengan melakukan need assesment dan studi pustaka, (b) Pengembangan draf produk, uji coba ahli, dan uji coba terbatas, dan (c) Validasi dengan melakukan penelitian eksperimen dari produk hipotetik pada sampel dengan kondisi sebenarnya dalam pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang dikembangkan dinyatakan layak berdasarkan uji kelayakan menurut ahli materi dengan persentase total 100% kualifikasi sangat baik, ahli media dengan persentase total 98,6% kualifikasi sangat baik, hasil uji kelompok kecil dengan presentase total 92,3% kualifikasi sangat baik. Media kartu domino ini telah teruji keefektifannya untuk peningkatan kemampuan penjumlahan dan pengurangan dari 53,3 pada nilai pretest dan pada posttest 81,6. Dari uji t dengan menggunakan prosedur paired samples t-test diperoleh nilai P < 0,05. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengembangan media kartu domino untuk peningkatan penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahan pada kelas V Sekolah Dasar layak dan dapat digunakan sebagai alternatif media pembelajaran matematika materi pecahan. Berdasarkan dari hasil penelitian tersebut, disarankan bahwa seharusnya semua kelas V SD diberikan metode pembelajaran yang baru. Khususnya menggunakan metode domino untuk meningkatkan kemampuan penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahan. Sehingga guru dan siswa dapat meningkatkan kualitas belajar dan mengajar.