MANAJEMEN PUBLIC RELATIONS POLITIK DALAM UPAYA MEMPERBAIKI CITRA POSITIF (Studi pada DPD Partai NasDem Kota Malang)

Main Author: Brahmana, Bima Aulia
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/27101/1/jiptummpp-gdl-bimaauliab-35780-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/27101/2/jiptummpp-gdl-bimaauliab-35780-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/27101/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilandasi oleh ketertarikan peneliti dalam mengkaji permasalahan yang terjadi pada konflik internal partai NasDem yang disebabkan karena adanya perebutan kekuasaan antara dua orang pimpinan di tingkat pusat dan berdampak pada kepengurusan di beberapa daerah dengan terjadinya pengunduran diri secara massal oleh beberapa pengurus DPD. Peran media dalam konflik tersebut juga sangat besar dalam pemberitaan yang terjadi, dan dikhawatirkan dapat merusak citra partai NasDem karena masyarakat sebagai calon konstituen mendapatkan informasi negatif yang datang secara bergelombang. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka peneliti mengemukakan rumusan masalahnya tentang bagaimana manajemen Public Relations partai NasDem dalam memperbaiki citra positif partai di masyarakat? Manajemen merupakan kata serapan dari bahasa inggris yang berasal dari kata manage yang berarti memimpin, menangani, mengatur, atau membimbing. Public Relations politik adalah kegiatan komunikasi yang dilakukan dengan cara persuasi kepada masyarakat dengan tujuan memperoleh kesamaan pandangan, yang mana kegiatan tersebut dijalankan dalam wilayah politik serta pemerintahan. Berdasarkan definisi tersebut dapat diartikan bahwa manajemen Public Relations politik dapat diartikan sebagai penerapan fungsi-fungsi manajemen (Planning, Organizing, Actuating, Controlling dan evaluating) pada kegiatan-kegiatan Public Relations yang bergerak dalam bidang politik praktis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Penelitian akan memfokuskan pada manajemen Public Relations politik yang dilakukan oleh DPD Partai NasDem Kota Malang dalam upaya memperbaiki citra. Penelitian ini dilakukan di kantor DPD Partai NasDem kota Malang, Jl S.Supriyadi 47 kota Malang, dan dilaksanakan mulai bulan Maret 2013 sampai selesai. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara mengumpulkan dokumentasi dan melalui wawancara terhadap informan yang sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan. Analisis data dalam penelitian ini bersifat iteratif, yakni berkelanjutan dan dikembangkan sepanjang penelitian. Peneliti menganalisis data yang telah terkumpul menggunakan model interaktif Miles dan Huberman dengan tahapan yakni 1) Pengumpulan Data, 2) Reduksi Data, 3) Penyajian Data, 4) Menarik Kesimpulan atau verifikasi. Dari penelitian yang telah dilakukan diperoleh bahwa bentuk manajemen public relations politik yang diljalankan DPD partai NasDem kota Malang adalah melaksanakan proses tahapan kerja yaitu: pertama, tahapan fact finding yaitu untuk mendefinisikan permasalahan yang dilakukan melalui penelitian dengan menganalisa situasi yang berupa analisis data sekunder dan observasi. Kedua, tahapan planning, yakni menyusun beberapa program yang bertujuan untuk memulihkan atau memperbaiki citra. Ketiga, yaitu tahapan actuating artinya penerapan program yang telah disusun. Pada tahap ini dilakukan pendekatan kepada masyarakat melalui kegiatan sosial yang menyentuh langsung permasalahan yang terjadi di tingkat akar rumput. Keempat, yaitu tahapan evaluating tahap ini melakukan penilaian terhadap hasil-hasil pelaksanaan program dari perencanaan, pelaksanaan program, pengkomunikasian, sampai keberhasilan atau kegagalan yang terjadi dari program tersebut, dengan cara melakukan rapat rutin yang sekaligus digunakan sebagai media evaluasi terhadap program kerja yang sudah dilaksanakan.