FUNGSI DAN PERAN PUBLIC RELATION PT.ISTIQOMAH SEJAHTERA DALAM MENINGKATKAN CITRA PERUSAHAAN
Main Author: | ROHMAH, SOBIBATUR |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/27083/1/jiptummpp-gdl-sobibaturr-33453-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/27083/2/jiptummpp-gdl-sobibaturr-33453-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/27083/ |
Daftar Isi:
- Keberadaan Public relations berada dibawah kesekretariatan perusahaan. Public relations menjadi mediator dalam menyampaikan kebijakan pemimpin perusahaan terhadap karyawan, sehingga kredibilitas dan image (citra) perusahaan tetap terjaga. PT. Istiqomah Sejahtera Mojokerto melalui sekretariatan perusahaan yang mempunyai ruang lingkup komunikasi memberi perioritas kapada aspek-aspek komunikasi dalam menyampaikan berbagai kebijakan kepada karyawan maupun pihak luar perusahaan. Bagian Public relations yang mencakup semua ruang lingkup kehumasan diantaranya hubungan internal (internal relation) dan hubungan eksternal (eksternal relation), dimana pola tersebut menjadi acuan dan pedoman Public relations dalam mencapai tujuan dari pada kepentingan perusahaan untuk mensosialisasikan berbagai kebijakan terhadap masyarakat. Dari sinilah peneliti ingin mengetahui bagaimana fungsi dan peran PR PT. Istiqomah Sejahtera Mojokerto dalam meningkatkan citra perusahaan. Peran Public Relations merupakan perencanaan dan manajemen untuk mencapai tujuan (Effendy, 2004: 39-40). Fungsi Public Relations merupakan merupakan tugas yang diemban oleh public relations dalam membentuk citra perusahaan. Citra adalah kesan, perasaan, gambaran diri public terhadap perusahaan, kesan yang sengaja diciptakan dari suatu obyek, orang atau organisasi (Soemirat dan Ardianto, 2004:112). Tipe penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan jenis data kualitatif. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah melihat optimalisasi yang dilakukan bagian Public relation dalam meningkatkan citra perusahaan. Penentuan informan menggunakan teknik purposif sampling. Analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan triangulasi yang dipilih yaitu triangulasi sumber. Berdasarkan hasil analisa data yang telah dilakukan pada bab sebelumnya, peneliti dapat menarik kesimpulan bahwa Public Relations dari PT. Istiqomah Sejahtera sudah melaksanakan fungsi PR dengan baik, yaitu melakukan tahapan PR seperti membuat evaluasi dari kinerja perusahaan, memberi masukan dan usul kepada pihak manajemen tentang kinerja perusahaan, mempengaruhi konsumen untuk ikut bergabung dengan perusahaan dan memelihara hubungan baik dengan para stake holder. Sedangkan peran PR dari PT Istiqomah Sejahtera sudah sesuai dengan peran PR itu sendiri, dimana PR dari PT Istiqomah Sejahtera bisa menjadi komunikator perusahaan dengan para stakeholdernya, mampu membentuk Relationship, bisa menjadi pendukung fungsi manajemen organisasi dan mampu membentuk citra positif perusahaan yang baik. PR PT. Istiqomah Sejahtera juga mempunyai hubungan baik dengan media pers. Akan tetapi PR PT. Istiqomah Sejahtera hanya memanfaatkan media pers untuk memberikan informasi berupa lowongan pekerjaan saja. Dalam usaha peningkatan citra, PR PT. Istiqomah Sejahtera melakukan pendekatan kepada masyarakat, serta melakukan kerjasama dengan masyarakat sekitar perusahaan dengan cara melakukan perekrutan dan kemudahan dalam lamaran pekerjaan. Sedangkan kepada para perusahaan yang menggunakan jasa PT. Istiqomah Sejahtera, PR perusahaan akan melakukan konfirmasi tentang kinerja karyawan yang disalurkan serta melakukan evaluasi dengan cara mencocokkan opini karyawan dan perusahaan yang menaunginya, jadi akan didapatkan solusi yang baik ketika terjadi permasalahan.