PENGGUNAAN MEDIA KANTONG BERHITUNG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN 3 ANGKA SISWA KELAS 3 SDN PAKISJAJAR I KABUPATEN MALANG

Main Author: Nursari, Clara Novita
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/27072/1/jiptummpp-gdl-claranovit-33991-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/27072/2/jiptummpp-gdl-claranovit-33991-2-bab1.pdf
http://eprints.umm.ac.id/27072/
Daftar Isi:
  • Berdasarkan observasi yang telah dilakukan di kelas 3 SDN Pakisjajar 01 Kabupaten Malang, terdapat rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi penjumlahan dan pengurangan 3 angka. Hal ini disebabkan guru cenderung mengggunakan metode ceramah sehingga siswa kurang terlibat dalam proses kegiatan belajar mengajar. Untuk mengatasi masalah tersebut maka dilakukan penelitian yang berjudul “Penggunaan Media Kantong Berhitung Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Penjumlahan dan Pengurangan 3 Angka Siswa Kelas 3 SDN Pakisjajar I Kabupaten Malang”, bertujuan untuk 1) Mendeskripsikan penggunaan media kantong berhitung untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang penjumlahan dan pengurangan 3 angka kelas 3 SDN Pakisjajar I Kabupaten Malang. 2) Menjelaskan hasil belajar siswa setelah menggunakan media kantong berhitung pada materi penjumlahan dan pengurangan 3 angka kelas 3 SDN Pakisjajar I Kabupaten Malang. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah 45 siswa kelas III SDN Pakisjajar 01 Kabupaten Malang. Instrumen yang digunakan meliputi lembar wawancara, observasi guru, observasi siswa , catatan lapang, dokumentasi dan soal evaluasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan kualitatif diskriptif. Penelitian dilaksanakan dengan dua siklus melalui tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh pada penelitian ini, dapat diketahui bahwa hasil ketuntasan belajar siswa pada siklus I mencapai 64,5% siswa tuntas belajar dan yang tidak tuntas belajar sebesar 35,5%. Pada siklus ke 2 siswa yang tuntas belajar sebesar 82,2% dan siswa yang tidak tuntas belajar sebesar 17,8%. Dari peningkatan hasil ketuntasan belajar siswa tersebut maka dapat disimpulkan bahwa, dengan penggunaan media kantong berhitung dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi penjumlahan dan pengurangan 3 angka siswa kelas III SDN Pakisjajar 01 Kabupaten Malang.