PENINGKATAN KEMAMPUAN MATEMATIKA MATERI OPERASI HITUNG CAMPURAN BILANGAN BULAT DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM ACCELERATED INSTRUCTION (TAI) PADA SISWA KELAS V SDN TANJUNGREJO 5 MALANG
Main Author: | APRILIANTI, AJENG NUR |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/27070/1/jiptummpp-gdl-ajengnurap-33993-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/27070/2/jiptummpp-gdl-ajengnurap-33993-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/27070/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi adanya permasalahan dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas V SDN Tanjungrejo 5 Malang. Berdasarkan hasil observasi diketahui bahwa hasil belajar matematika siswa masih belum optimal. Sebanyak 33 orang siswa (73,33%) mendapatkan nilai dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sedangkan 12 orang siswa (26,67%) mendapat nilai diatas KKM yang telah ditetapkan yaitu 70. Siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi operasi hitung campuran bilangan bulat. Hal ini dikarenakan kegiatan pembelajaran yang dilakukan di kelas adalah kegiatan mendengar penjelasan guru, mencatat materi yang ada dipapan tulis, menghafal rumus matematika dan mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru, sehingga siswa kurang tertarik untuk mengikuti pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Team Accelerated Instruction (TAI) untuk meningkatkan kemampuan matematika materi operasi hitung campuran bilangan bulat dan mendeskripsikan peningkatan kemampuan matematika materi operasi hitung campuran bilangan bulat dengan model pembelajaran Team Accelerated Instruction (TAI). Desain penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Tanjungrejo 5 Malang tahun ajaran 2013/2014 dengan jumlah 42 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, teknik wawancara, teknik dokumentasi dan teknik tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan model pembelajaran Team Accelerated Instruction (TAI) dapat meningkatkan kemampuan matematika materi operasi hitung campuran bilangan bulat. Berdasarkan hasil evaluasi diketahui bahwa pada siklus I ketuntasan belajar mencapai 16,70% sedangkan siklus II ketuntasan belajar mencapai 78,5%. Hal ini dikarenakan model pembelajaran TAI memiliki komponen yang dapat menunjang proses pembelajaran. Komponen tersebut adalah ( a) pembentukan tim, (b) melaksanakan tes penempatan, (c) materi-materi kurikulum, (d) belajar kelompok, (e) skor tim dan rekognisi tim, (f) kelompok pengajaran, (g) tes fakta dan (h) unit seluruh kelas. Persentase ini melebihi kriteria ketuntasan yang telah ditetapkan dalam penelitian yaitu 70% dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan oleh sekolah yaitu 70. Hal ini menunjukkan bahwa dengan model pembelajaran Team Accelerated Instruction (TAI) dapat meningkatkan kemampuan matematika materi operasi hitung campuran bilangan bulat pada siswa kelas V SDN Tanjungrejo 5 Malang.