PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKn MELALUI METODE PEMBELAJARAN BERMAIN PERAN PADA SISWA KELAS IV SDN PONGGOK 02 BLITAR
| Main Author: | ROFIÂ’I, ABDUL AZIZ |
|---|---|
| Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
| Bahasa: | eng |
| Terbitan: |
, 2014
|
| Subjects: | |
| Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/27065/1/jiptummpp-gdl-abdulazizr-33998-2-bab1.pdf http://eprints.umm.ac.id/27065/2/jiptummpp-gdl-abdulazizr-33998-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/27065/ |
Daftar Isi:
- Pembimbing : (I) Dra. Thathit Manon A, M.Hum (II): Drs. M. Mansyur Ibrahim Dalam proses belajar mengajar, PKn merupakan salah satu mata pelajaran yang penting. Pelajaran PKn termasuk ke dalam pelajaran yang lebih banyak mengajarkan sikap kita sebagai warga Negara yang baik dalam kehidupan sehari- hari. Untuk memahami suatu pokok bahasan dalam mata pelajaran PKn disamping siswa harus menguasai materi, siswa juga harus mampu mengaplikasikanya dalam kehidupan sehari- hari. Sistem pemerintahan desa dan kecamatan dalam mata pelajaran PKn kelas IV SD adalah kegiatan yang mengurus dan mengatur kepentingan masyarakat desa. Kegiatan- kegiatan yang berkaitan dengan sistem pemerintahan desa dan kecamatan antara lain, kegiatan mengurus kartu tanda penduduk, membuat akta kelahiran, dan kepengurusan surat- surat keterangan RT, RW, kelurahan dan kecamatan. Tahapan pembelajaran PKn materi sistem pemerintahan desa dan kecamatan denagn metode bermain adalah sebagai berikut: (a) perencanaan (b) persiapan (c) pelaksanaan (d) evaluasi Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran PKn dengan menggunakan metode pembelajaran bermain peran dalam upaya meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas IV SDN Ponggok 02 Blitar, materi sistem pemerintahan desa dan kecamatan setelah menggunakan metode bermain peran Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Dalam penelitian ini yang menjadi subyek adalah siswa kelas IV SDN Ponggok 02 Blitar dengan jumlah siswa 22 orang. Teknik analisa yang digunakan dalam penelitian ini berupa data hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil analisis ketuntasan belajar siswa berdasarkan KKM diperoleh rata-rata hasil belajar kognitif siswa sebesar 85,63 pada siklus I dan 90,68 pada siklus II. Dengan demikian prosentase keberhasilan pada siklus I yaitu 77,27% dan siklus II yaitu 90,68%. Untuk hasil belajar afektif, rata rata nilai siswa pada silklus I adalah 82,68 dan 92,6 pada siklus II. Oleh karena itu prosentase keberhasilan pada siklus I yaitu 90,90% dan 100% pada siklus II. Dengan demikian maka implementasi metode pembelajaran bermain peran bisa meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn materi sistem pemerintahan desa dan kecamatan
