PENERAPAN METODE BERMAIN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI OPERASI HITUNG PERKALIAN DAN PEMBAGIAN PADA SISWA KELAS IV SDN PAKISJAJAR 01 KABUPATEN MALANG

Main Author: SYARIFAH, ANIS
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/27064/1/jiptummpp-gdl-anissyarif-34062-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/27064/2/jiptummpp-gdl-anissyarif-34062-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/27064/
Daftar Isi:
  • Pembimbing: (1) Drs. M. Mansur Ibrahim, (2) Dyah Worowirasti E, M.Pd. Penelitian dengan judul “Penerapan Metode Bermain Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Operasi Hitung Perkalian dan Pembagian Pada Siswa Kelas IV SDN Pakisjajar 01 Kabupaten Malang”, ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan penerapan metode bermain dalam meningkatkan hasil belajar matematika materi operasi hitung perkalian dan pembagian pada siswa kelas IV SDN Pakisjajar 01 Kabupaten Malang. 2) menjelaskan peningkatan hasil belajar matematika materi operasi hitung perkalian dan pembagian melalui metode bermain pada siswa kelas IV SDN Pakisjajar 01 Kabupaten Malang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan dengan desain penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah 41 siswa kelas IV SDN Pakisjajar 01 Kabupaten Malang. Instrumen yang digunakan meliputi lembar wawancara, observasi siswa, guru, dan catatan lapang, dokumentasi dan soal tes. Data yang diperoleh dianalisis dengan kualitatif deskriptif. Penelitian dilaksanakan dengan dua siklus melalui tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh pada penelitian ini, dapat diketahui bahwa hasil ketuntasan belajar siswa pada siklus I mencapai 63,41%, (tinggi) dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan ketuntasan belajar siswa sebesar 80,49%, (sangat tinggi) dari ketuntasan klasikal yang harus dicapai 75% dengan kriteria ketuntasan minimal 60. Dari peningkatan hasil ketuntasan belajar siswa tersebut maka dapat disimpulkan bahwa, dengan penerapan metode bermain dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi operasi hitung perkalian dan pembagian siswa kelas IV SDN Pakisjajar 01 Kabupaten Malang.