PENGGUNAAN MEDIA GANTUNGAN BILANGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN PADA SISWA KELAS III SDN KAMPUNGDALEM V KOTA KEDIRI

Main Author: MAHARDHIKA, MUSTAFIDAH
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/27052/1/jiptummpp-gdl-mustafidah-34085-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/27052/2/jiptummpp-gdl-mustafidah-34085-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/27052/
Daftar Isi:
  • Pembimbing: (I) Dr. Sugiarti, M.Si. (II) Dra. Sri Wahyuni, M.Kes. Penelitian ini diawali dari hasil observasi awal, terdapat kesulitan yang dialami siswa SDN Kampungdalem V Kota Kediri pada mata pelajaran matematika materi operasi hitung bilangan. Kesulitan yang dimaksudkan adalah menentukan letak bilangan pada garis bilangan. Hal ini dapat dimengerti karena pembelajaran menentukan letak bilangan pada garis bilangan cenderung berorientasi pada guru serta belum digunakannya media dalam pembelajaran. Siswa sebagai objek di dalam kelas yang hanya duduk, diam, dan mendengarkan penjelasan guru. Hal tersebut berdampak pada hasil belajar siswa yang menunjukkan bahwa ketuntasan belajar siswa belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sehingga ketuntasan belajar secara klasikal juga belum dapat mencapai ketuntasan minimal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan media gantungan bilangan serta mendeskripsikan peningkatan hasil belajar matematika setelah menggunakan media gantungan bilangan pada siswa kelas III SDN Kampungdalem V Kota Kediri. Untuk mencapai tujuan penelitian tersebut digunakan penelitian kualitatif jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Pengambilan data penelitian dilaksanakan pada tanggal 2 September 2013 sampai dengan 14 September 2013 di SDN Kampungdalem V Kota Kediri. Data penelitian berupa data hasil belajar siswa yang diperoleh melalui tes pada setiap akhir siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis data kualitatif deskriptif. Berdasarkan hasil tes evaluasi di setiap akhir siklus, hasil belajar matematika materi operasi hitung bilangan dengan menggunakan media gantungan bilangan mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat pada peningkatan persentase ketuntasan klasikal pada siklus I jika dibandingkan dengan siklus II. Persentase ketuntasan klasikal pada siklus I sebesar 67% meningkat menjadi 83% pada siklus II. Peningkatan hasil belajar tersebut membuktikan bahwa penggunaan media gantungan bilangan dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi operasi hitung bilangan pada siswa kelas III SDN Kampungdalem V kota Kediri.