PENERAPAN METODE JIGSAW DENGAN PENDEKATAN OPEN ENDED UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATERI GEOMETRI KELAS V SEMESTER II SDN GADINGKULON I DAU MALANG
Main Author: | Widiyastuti, Wiwiek |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/27049/1/jiptummpp-gdl-wiwiekwidi-35387-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/27049/2/jiptummpp-gdl-wiwiekwidi-35387-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/27049/ |
Daftar Isi:
- Masalah yang dihadapi oleh guru kelas V di SDN Gadingkulon I Dau Malang adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar matematika siswasebesar 45% belum mencapai nilai ketuntasan minimal.Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas pembelajaran dan hasil belajar siswa dengan cara menerapkan metode jigsaw dengan pendekatan open ended. Salah satu penyebab kondisi tersebut adalah (1) kegiatan pembelajaran kurang bervariasi, (2) kegiatan pembelajaran matematika dengan metode kerjasama antar siswa yang telah dilakukan guru masih kurang optimal, (3) sebagian besar siswa terbiasa melakukan kegiatan belajar berupa menghafal tanpa pengembangan keterampilan berfikir. Penelitian ini berjenisPTK (Penelitian Tindakan Kelas) dilakukan dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDNGadingkulon I Dau Malangdengan instrumen utama adalah peneliti sendiri. Pengumpulan data penelitian menggunakan beberapa instrumen pendukung, antara lain berupa lembar observasi, lembar dokumentasi dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan: (1) penerapan model pembelajaran kooperatif metode jigsaw dengan pendekatan open ended dapat diterapkan pada materi geometri siswa kelas V SD melalui bantuan media kartu berwarna pada pembagian kelompok serta penyajian soal evaluasi melalui soal closed problem terlebih dahulu yang dilanjutkan pemberian soal open ended, (2) terdapat peningkatan aktivitas belajar siswa setelah pelaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif metode jigsaw dengan pendekatan open endedyaitu rata-rata aktivitas siswa pada Siklus I sebesar 71,25% meningkat menjadi 81,17% pada SiklusII, (3) terdapat peningkatan hasil belajar siswa setelah pelaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif metode jigsaw dengan pendekatan open endedyaitu ketuntasan hasil belajar siswa pada Sikus I sebesar 65,38% meningkat menjadi 78,57% pada Siklus II.Hal yang perlu diperhatikan dalam penerapan model pembelajaran kooperatif metode jigsaw dengan pendekatan open ended yaitu pengalokasian waktu yang harus berjalan sesuai dengan rencana pembelajaran yang telah dibuat. Kata kunci :Jigsaw, Open Ended, Aktivitas dan Hasil Belajar