MANAJEMEN DIVISI PRODUKSI PROGRAM ACARA DIALOG INTERAKTIF DI TELEVISI LOKAL (Studi pada Acara Talk Show “I Love Malang Raya” di ATV Kota Batu)
Main Author: | Mahmud, Moch. |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/27044/1/jiptummpp-gdl-mochmahmud-31862-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/27044/2/jiptummpp-gdl-mochmahmud-31862-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/27044/ |
Daftar Isi:
- Keberhasilan tayangan program acara Dialog Interaktif tergantung dari kapabilitas pengelolaan program acara dalam menghidupkan suasana dialog interaktif antara nara sumber dengan pemirsa. Hal ini dikarenakan akan berhubungan langsung dengan audience. Wawasan dan skill yang memadahi dalam mengelola program acara akan menjadi faktor yang sangat penting, selain itu juga keterampilan dalam pengelolaan materi yang dibawakan, serta mampu berimprovisasi dan mempunyai kemampuan dalam hal penguasaan bahasa. Rumusan masalah: 1) Bagaimana manajemen program acara Dialog Interaktif di ATV Kota Batu yang mencakup pra produksi, produksi dan pasca produksi? 2) Faktor apa saja yang mendukung dan menghambat manajemen program acara Dialog Interaktif di ATV Kota Batu?. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan manajemen program acara Dialog Interaktif di ATV Kota Batu sekaligus faktor yang mendukung dan menghambat manajemen program acara Dialog Interaktif. Pendekatan teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori pembagian kerja, yang menurut Hariandja (2002:59) pembagian kerja merupakan pernyataan tertulis yang menggambarkan tugas–tugas, wewenang, tanggung jawab, dan kondisi kerja serta aspek–aspek lain dari sebuah pekerjaan yang biasanya ditulis dalam bentuk cerita. Peneliti menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan membuat gambaran secara sistematis, aktual dan akurat mengenai manajemen program acara Dialog Interaktif di ATV Kota Batu. Hasil penelitian menunjukan bahwa Manajemen program acara dialog interaktif pada acara “I Love Malang Raya” di ATV Kota Batu adalah dengan melibatkan banyak produser yang meliputi beberapa konten. Selain itu adanya kerja sama dengan pihak luar. “I Love Malang Raya” menyiarkan semua aspek yang terjadi di masyarakat. Faktor yang mendukung adalah cukup banyak item yang ditampilkan dan adanya kerjsama dengan pihak luar yang dapat saling menguntungkan. Sedangkan yang menjadi penghambat adalah sulitnya mencari presenter yang baik.