PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MENERAPKAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK KANCING GEMERINCING PADA SISWA KELAS IV MI AL-IHSAN KAYUARU KECAMATAN KANGAYAN KABUPATEN SUMENEP

Main Author: NURZAIDAH,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/27019/1/jiptummpp-gdl-nurzaidah0-31978-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/27019/2/jiptummpp-gdl-nurzaidah0-31978-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/27019/
Daftar Isi:
  • Nurzaidah. Peningkatan hasil belajar IPA dengan menerapkan pembelajaran kooperatif teknik kancing gemerincing pada siswa kelas IV MI Al-Ihsan Kayuaru Kecamatan Kangayan Kabupaten Sumenep. Skripsi. Malang: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2013. Pembimbing: (1) Dr. Rr. Eko Susetyorini, M.Si, (2) Dyah Worowirastri E, M.Pd. Kata Kunci: Kooperatif Teknik Kancing Gemerincing, Hasil Belajar, Pembelajaran IPA SD. Penelitian ini diawali dari hasil observasi awal, terdapat adanya beberapa kesulitan yang dialami siswa MI Al-Ihsan Kayuaru Kecamatan Kangayan Kabupaten Sumenep pada pembelajaran IPA. Kesulitan yang dimaksudkan diantaranya siswa cenderung pasif dalam kegiatan pembelajaran, tidak berani mengajukan petanyaan dan pendapat. Kondisi tersebut disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain: pelajaran IPA masih cenderung menggunakan metode ceramah, kurangnya media yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran, kegiatan praktek jarang dilakukan dalam pembelajaran IPA, kegiatan belajar mengajar hanya merespon siswa pandai sehingga siswa yang kurang pandai tidak memiliki kesempatan untuk aktif dalam proses pembelajaran. Alternatif mengatasi permasalahan tersebut dengan menerapkan pembelajaran kooperatif teknik kancing gemerincing. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran kooperatif teknik kancing gemerincing yang dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV MI Al-Ihsan Kayuaru Kecamatan Kangayan Kabupaten Sumenep, Mendeskripsikan aktivitas belajar siswa setelah menerapkan pembelajaran kooperatif teknik kancing gemerincing kelas IV MI Al-Ihsan Kayuaru Kecamatan Kangayan Kabupaten Sumenep, serta untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPA setelah menerapkan pembelajaran kooperatif teknik kancing gemerincing pada siswa kelas IV MI Al-Ihsan Kayuaru Kecamatan Kangayan Kabupaten Sumenep. Untuk mencapai tujuan penelitian tersebut digunakan penelitian kualitatif jenis penelitan tindakan kelas. Pembelajaran kooperatif teknik kancing gemerincing ini dilaksanakan dalam dua siklus melalui tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian 21 siswa, Instrumen yang digunakan meliputi rencana pelaksanaan pembelajaran, lembar kerja kelompok, lembar evaluasi/tes siswa, lembar hasil nilai tes siswa, lembar landasan kisi-kisi dan penilaian tes, lembar penilain proses, lembar pengamatan unjuk kerja, lembar observasi guru, lembar dokumentasi. Siklus pertama dilaksanakan dua kali pertemuan dengan fokus pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi energi panas dan energi bunyi, siklus kedua dua kali pertemuan dengan fokus pembelajaran mengacu pada tindakan 1 dengan ditekankan pada materi energi alternatif serta meningkatkan hasil belajar siswa. Selanjutnya evaluasi digunakan untuk memantau perkembangan pemahaman siswa dari tes awal dan tes akhir tindakan. Masing-masing pertemuan langkah-langkah pembelajaran dilaksanakan dalam tiga tahap pembelajaran. Berdasarkan hasil tes pembelajaran, diketahui rata-rata nilai tes hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Rata-rata nilai pada tes akhir siklus 1 sebesar 68, kemudian rata-rata nilai pada tes akhir siklus 2 mengalami peningkatan menjadi 82,7. Selain itu diketahui pula, bahwa ketuntasan hasil belajar pada siklus 1 dan 2 mengalami peningkatan, sebanyak 71,4% siswa telah mencapai skor 65 (KKM) pada siklus 1 dan meningkat menjadi 95,2% pada siklus 2, hal ini melebihi kiteria keberhasilan yaitu 75%.