PENGGUNAAN ALAT PERAGA BANGUN RUANG SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV SDN KEDUNGDADI 2 KECAMATAN SUGIO KABUPATEN LAMONGAN
Main Author: | ISTIQLAL, AGUS |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/27016/1/jiptummpp-gdl-agusistiql-35768-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/27016/2/jiptummpp-gdl-agusistiql-35768-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/27016/ |
Daftar Isi:
- Pendidikan matematika memerlukan alat peraga sehingga pelajaran matematika mudah dimengerti siswa.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan hasil belajar matematika siswa dalam mengidentifikasi bangun ruang. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam mengidentifikasi bangun ruang.Demi mencapai tujuan tersebut dilakukan penelitian tindakan kelas terhadap Siswa kelas IV SDN Kedungdadi 2 sebanyak 18 siswa yang dilakukan dalam 2 siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan dari kegiatan pratindakan,siklus I dan siklus II.Dalam penelitian pratindakan siswa yang mengalami ketuntasan menjadi meningkat setelah dilakukan tindakan dengan penggunaan alat peraga bangun ruang. Kesimpulan yang dapat diambil adalah bahwa penggunaan alat peraga bangun ruang dapat membantu siswa dalam mengidentifikasi bangun ruang di dalam pembelajaran Matematika Kelas IV,sehingga prestasi belajar mengalami kemajuan. Temuan yang lain anak menjadi senang, percaya diri dalam melakukan proses pembelajaran. Kata Kunci : Kejadian Konkrit, jarak, waktu, kecepatan