PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPA MELALUI METODE KOOPERATIF BERBANTUAN MEDIA KARTU KATA PADA SISWA KELAS II SDN MANGKUJAJAR KECAMATAN KEMBANGBAHU
Main Author: | Rusmawati, Agustina |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/27014/1/jiptummpp-gdl-agustinaru-35769-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/27014/2/jiptummpp-gdl-agustinaru-35769-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/27014/ |
Daftar Isi:
- Dalam proses pembelajaran IPA, guru menyampaikan materi kepada siswa dengan metode ceramah, tanya jawab, dan penugasan. Guru hanya mengajarkan metode konvensional yaitu ceramah untuk menyampaikan materi yang diajarkan.Pembelajaran hanya berpusat pada guru dan siswa cenderung pasif duduk diam mendengarkan penjelasan dari guru. Akibatnya siswa kurang mendapat penggalaman dalam proses pembelajaran dan tidak memaksimalkan potensi siswa.Mengakibatkan hasil belajar siswa rendah. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1. Penerapan pembelajaran Menggunakan media kartu kata pada siswa Kelas II SDN Mangkujajar mata pelajaran IPA pokok bahasan sumber energi. 2. Peningkatan prestasi belajar siswa Kelas II SDN Mangkujajar mata pelajaran IPA pokok bahasan sumber energi setelah diterapkannya melalui media kartu kata. Data yang dikumpulkan adalah: 1. Data aktivitas guru untuk mengetahui hasil peningkatan prestasi belajar IPA. 2. data aktifitas siswa saat pembelajaran, data ini digunakan untuk mengetahui sejauh mana aktifitas siswa terlibat dalam proses pembelajaran. 3. Hasil evaluasi belajar pada akhir pembelajaran, data ini digunakan untuk mengetahui tingkat ketuntasan belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Berdasarkan hasil kegiatan pembelajaran yang dilakukan selama dua siklus,tes akhir dan berdasarkan seluruh pembahasan serta analisis yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif berbantu media kartu kata sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran sumber energi siswa kelas II SDN Mangkujajar Kecamatan Kembangbahu tahun pelajaran 2012/2013. Prestasi belajar siswa meningkat dari kondisi awal,siklus I,Siklus II dengan hasil Nilai rata –rata hasil belajar siswa yang dicapai yaitu di siklus I pertemuan I 69,pertemuan II 75.Siklus II pertemuan I 85,pertemuan II 90.Pada siklus I pertemuan I yang mencapai ketuntasan minimal ada 7 siswa dari 12 siswa atau mencapai 58%,pertemuan II 8 siswa dari 12 siswa atau mencapai 68%.Pada siklus II pertemuan I dan II Ketuntasan 12 siswa mencapai KKM atau mencapai 100 %. Kata Kunci: Prestasi Belajar, Sumber energi, Metode Kooperatif dan Kartu Kata.