PENERAPAN MODEL GUIDED DISCOVERY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS IV SEMESTER II SDN PULUNGDOWO 01 KECAMATAN TUMPANG KABUPATEN MALANG
Main Author: | PRABOWO, DENDY INDRA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/27012/1/jiptummpp-gdl-titinwijay-31974-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/27012/2/jiptummpp-gdl-titinwijay-31974-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/27012/ |
Daftar Isi:
- Prabowo, Dendy Indra. Penerapan Model Guided Discovery untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas IV Semester II SDN Pulungdowo 01 Kecamatan Tumpang Kabupaten Malang. Skripsi. Malang: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2013. Pembimbing: (I) Dra. Lise Chamisijatin, M.Pd, (II) Rina Wahyu S, M.Ed Kata kunci: Model Guided Discovery, Hasil belajar Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas IV dan hasil observasi serta dokumentasi, hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi Memahami Gaya dapat Mengubah Gerak dan Bentuk Suatu Benda belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 65. Hal ini dapat dibuktikan dari data hasil belajar pada tahun-tahun sebelumnya yang masih belum mencapai ketuntasan klasikal yakni 75%. Ketidaktuntasan dalam materi tersebut salah satunya disebabkan karena dalam pembelajaran di kelas guru cenderung menggunakan metode ceramah, sehingga siswa sering lupa materi yang sudah diajarkan, Dengan menggunakan model Guided Discovery diharapkan siswa mampu berfikir sendiri dalam memecahkan setiap masalah yang ada dan berperan langsung dalam setiap proses penemuan materi, sehingga hasil belajar siswa diharapkan dapat meningkat. Penelitian yang digunakan untuk mengatasi masalah tersebut adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini memiliki dua rumusan masalah yaitu bagaimana penerapan model Guided Discovery untuk meningkatkan hasil belajar IPA materi memahami gaya dapat mengubah gerak dan bentuk suatu benda dan bagaimana peningkatan hasil belajar IPA materi memahami gaya dapat mengubah gerak dan bentuk suatu benda. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklusnya melalui 4 tahapan yakni perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Pulungdowo 01 Tumpang Malang. Sumber data pada penelitian ini diambil melalui wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Hasil Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan menggunakan Model Guided Discovery ini menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa pada setiap siklusnya. Pada siklus 1 terdapat 10 siswa yang tuntas hasil belajarnya dan 7 siswa tidak tuntas hasil belajarnya (ketuntasan mencapai 59%). Sedangkan pada siklus 2 terjadi peningkatan pada hasil belajar siswa yang mengalami ketuntasan sebanyak 15 siswa dan 2 siswa yang tidak tuntas (ketuntasan mencapai 88%). Oleh karena itu dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penelitian tindakan kelas dengan menggunakan Model Guided Discovery telah berhasil dengan melihat kenaikan hasil belajar siswa kelas IV di SDN Pulungdowo 01 Tumpang Malang.