PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN DAN AKTIVITAS SISWA KELAS I SDN TAWANGARGO 03 KARANGPLOSO DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU HURUF

Main Author: Ula, Eisharisma Amanatul
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/27009/1/jiptummpp-gdl-eisharisma-34409-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/27009/2/jiptummpp-gdl-eisharisma-34409-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/27009/
Daftar Isi:
  • Bahasa dalam keseharian mempunyai peranan yang sangat penting dan merupakan alat komunikasi yang praktis bila dibandingkan dengan yang lainnya.Tujuan Bahasa Indonesia di SD meletakkan dasar-dasar ke arah SDM.Jadi dengan membaca tingkat dasar sangat penting, karena sebagai dasar memperoleh pengetahuan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa.Pengembangan kemampuan bahasa salah satunya aspek kemampuan membaca cepat.Keterampilan membaca sudah harus dikembangkan pada siswa kelas I yang biasanya dari kalangan keluarga. Masalah yang akan diteliti sebagai berikut 1).Bagaimanakah peningkatan kemampuan membaca dengan menggunakan kartu huruf, 2).Bagaimanakah aktivitas siswa melalui model pembelajaran membaca dengan menggunakan media kartu huruf.Melalui model pembelajaran media kartu huruf tersebut ada tujuan khusunya 1).Peningkatan hasil belajar siswa pada kemampuan membaca dengan menggabungkan huruf melalui model pembelajaran menggunakan medi kartu huruf. 2). Peningkatan aktivitas siswa dalam kegiatan membaca dengan menggunakan media kartu huruf . Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas.Subyek tindakannya adalah siswa kelas I. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus.Setiap siklus dua kali pertemuan melalui tahapan rencana, tindakan, pengamatan, dan refleksi.Hasil ini menunjukkan bahwa melalui pembelajaran media kartu huruf kemampuan membaca kelas I meningkat. Peningkatan itu tampak pada rata-rata nilai atas hasil kreativitas siswa dalam proses belajar mengajar.implementasi model pembelajaran alat peraga atau media kartu huruf ini mampu memberikan kemudahan, keterebukaan dan keberanian siswa dalam belajar membaca. Simpulan bahwa model alat peraga media kartu huruf ini, peningkatan kemampuan membaca meningkat. Penigkatan itu pada hasil belajar siswa pada membaca yang diciptakan dalam prosedur dan proses membaca.