PENERAPAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SDN KETILENG 1 KECAMATAN MALO KABUPATEN BOJONEGORO
Main Author: | NURDIANA, EVY DWI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/27007/1/jiptummpp-gdl-evydwinurd-34412-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/27007/2/jiptummpp-gdl-evydwinurd-34412-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/27007/ |
Daftar Isi:
- Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas IV di SDN Ketileng 1 Kecamatan Malo Kabupaten Bojonegoro hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi memahami gaya dapat mengubah gerak dan bentuk suatu benda belum memenuhi KKM yaitu 65. Hal ini dapat dibuktikan dari data hasil belajar pada tahun-tahun sebelumnya yang masih belum mencapai ketuntasan klasikal yakni 75%. Ketidaktuntasan pada materi tersebut salah satunya disebabkan karena guru menyampaikan pembelajaran masih monoton dan kegiatan pembelajaran kurang bervariatif sehingga siswa merasa bosan di kelas, dengan menggunakan metode eksperimen diharapkan siswa mampu berperan aktif dalam mengembangkan kemampuan yang dimilikinya, sehingga hasil belajar siswa diharapkan dapat meningkat. Penelitian yang digunakan untuk mengatasi masalah tersebut adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini memiliki dua rumusan masalah yaitu bagaimana penerapan metode eksperimen untuk meningkatkan hasil belajar IPA dan bagaimana peningkatan hasil belajar IPA materi memahami gaya dapat mengubah gerak dan bentuk suatu benda. Penelitian ini dilaksanakan 2 siklus, setiap siklus melalui empat tahapan yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Ketileng 1 Kecamatan Malo Kabupaten Bojonegoro. Hasil Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan menggunakan metode eksperimen ini menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa pada setiap siklusnya. Pada siklus 1 terdapat 15 siswa yang tuntas hasil belajarnya dan 11 siswa yang tidak tuntas (ketuntasan mencapai 57,6%). Sedangkan pada siklus 2 terjadi peningkatan pada hasil belajar siswa yang mengalami ketuntasan sebanyak 24 siswa dan 2 siswa yang tidak tuntas (ketuntasan mencapai 7,6%). Oleh karena itu dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penelitian tindakan kelas dengan menggunakan metode eksperimen telah berhasil dengan melihat kenaikan hasil belajar siswa kelas IV di SDN Ketileng 1 Kecamatan Malo Kabupaten Bojonegoro.