PENERAPAN METODE PICTURE AND PICTURE DALAM PELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERCERITA DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SDN KLEPEK KABUPATEN KEDIRI

Main Author: WIJAYANTI, TITIN
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/27002/1/jiptummpp-gdl-titinwijay-34543-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/27002/2/jiptummpp-gdl-titinwijay-34543-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/27002/
Daftar Isi:
  • Pembimbing (I) Dr. Yuni Pantiwati, MM, M.Pd dan Pembimbing (2) Drs. Wahyu Prihanta, M.Kes Bercerita Siswa, dan Hasil Belajar siswa Latar belakang pelaksanaan penelitian tindakan kelas (PTK) ini teridentifikasi dari hasil observasi awal, siswa mengalami permasalahan terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia. Salah satu rendahnya belajar siswa kelas III di SDN Klepek Kabupaten Kediri adalah pelaksanaan pembelajaran yang masih berpusat pada guru, metode yang digunakan diantaranya caramah dan penugasan. Selain itu media pembelajaran yang digunakan masih terbatas pada buku paket dan LKS. Sehingga siswa kurang tertarik pada materi yang disajikan. Berdasarkan permasalahan tersebut maka dalam penelitian ini akan membahas dua rumusan masalah, yaitu: (1) bagaimana penerapan metode Picture and Picture, (2) bagaimana metode Picture and Picture dapat meningkatkan kemampuan bercerita siswa, dan (3) bagaimana metode Picture and Picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SDN Klepek Kabupaten Kediri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan metode Picture and Picture dalam Pelajaran Bahasa Indonesia untuk Meningkatkan Kemampuan Bercerita dan Hasil belajar Siswa Kelas III SDN Klepek Kabupaten Kediri. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dan desain penelitian yang digunakan adalah desain penelitian tindakan kelas yang dikemukakan oleh Kemmis dan Mc Taggart. Langkah penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menggunakan metode Picture and Picture dapat meningkatkan Kemampuan Bercerita Siswa dan hasil belajar siswa. Pada kegiatan bercerita dapat diketahui dengan pengamatan terhadap 3 aspek, yaitu: (1) Kejelasan (2) Kesesuaian cerita (3) Ekspresi. Berdasarkan hasil tes evaluasi, diketahui rata-rata nilai hasil belajar mengalami peningkatan pada siklus I ketuntasan hasil belajar adalah 63% sedangkan pada siklus II hasil belajar siswa mencapai 75%. Prosentase ini melebihi kriteria keberhasilan yang telah ditetapkan dalam penelitian yaitu 65%. Peningkatan tersebut membuktikan bahwa penggunaan metode Picture and Picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa.