Penerapan Kombinasi Metode Make a Match dan Guided Note Taking untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN Jambuwer 02 Kecamatan Kromengan Kabupaten Malang
Main Author: | Wandhiro, Maulana Fajar |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/26995/1/jiptummpp-gdl-maulanafaj-34549-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/26995/2/jiptummpp-gdl-maulanafaj-34549-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/26995/ |
Daftar Isi:
- Pembimbing: (I) Dr. EndangPoerwanti, M.Pd.(II) Dr. M. Syaifuddin, M.M Hasil observasi dan wawancara dengan guru kelas/guru bidang studi kelas IV SDN Jambuwer 02 Kecamatan Kromengan Kabupaten Malang ditemukan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa pada pelajaran matematika rendah, diperkuat oleh nilai siswa dalam ulangan harian rendah. Penyebabnya: a) Pelajaran matematika merupakan pelajaran yang tidak menarik minat siswa dan dianggap sulit. b) Siswa masih terpusat pada pendidik dan mengandalkan konsep hafalan. c) Guru menggunakan metode yang kurang variatif. d). Media yang digunakan kurang lengkap berkaitan dengan materi. Maka, bagaimana penerapan kombinasi metode Make a Match dan Guided Note Takinguntuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika pada materi operasi perkalian dan pembagian Kelas IV. Penerapan metode Make a Match dan Guided Note Takingmerupakan kombinasi metode dengan metode didukung oleh media yang didesain dalam bentuk permainan. Jenis penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) yang memerlukan dua siklus. Subyek penelitian adalah mata pelajaran matematika pada semester ganjil tahun akademik 2012/2013, obyek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Jambuwer 02 Kecamatan Kromengan Kabupaten Malang. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Siklus I pada tanggal 6,7 dan 8 Desember 2012 serta siklus II pada tanggal 13,14 dan 15 Desember 2012. Pengumpulan data menggunakan observasi,wawancara, dokumentasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kombinasi metode Make a Match dan Guided Note Taking dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa materi perkalian dan pembagian diketahui rata-rata aktivitas siswa siklus I sebesar 74,45% dan meningkat menjadi 80,46 % padasiklus II.Peningkatanketuntasanbelajarsiswapada siklus I sebesar 72,22%danmeningkat 16,66% yaitu sebesar 88,88%padasiklus II. Peningkatantersebut membuktikanbahwakombinasi metode Make a Match dan Guided Note Taking dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada matematika materi perkalian dan pembagian. Keywords : Learning activity, learning achievement, Make a Match and Guided Note Taking methods combination.