PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MATERI MEMPERSIAPKAN KEMERDEKAAN INDONESIA SISWA KELAS V SDN KALIGAMBIR 02 KABUPATEN BLITAR

Main Author: Susilo, Heri
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/26989/1/jiptummpp-gdl-herisusilo-34553-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/26989/2/jiptummpp-gdl-herisusilo-34553-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/26989/
Daftar Isi:
  • Pembimbing: (I) Dr. Arif Budi Wurianto, M.Si. (II) Supriyadi, S.Pd. Penelitian ini di awali dari hasil observasi awal, terdapat beberapa kesulitan yang dialami siswa SDN Kaligambir 02 Kecamatan Panggung Rejo Kabupaten Blitar pada materi mempersiapkan kemerdekaan Indonesia. Kesulitan yang dimaksud adalah kesulitan dalam memahami materi. Pembelajaran mempersiapkan kemerdekaan Indonesia di SDN Kaligambir 02 ini cenderung berorentasi pada guru dan pelaksanaannya juga cenderung dilaksanakan secara klasikal, sehingga kurang menumbuhkembangkan kemampuan berfikir siswa. Berdasarkan hasil observasi penggunaan media dan alat peraga sangat jarang dilakukan oleh guru sehingga hasil belajar siswa rendah, yaitu 50% pada tahun ajaran 2010/2011 dan 45% pada tahun ajaran 2011/2012. Untuk mengatasi permasalahan rendahnya hasil belajar ini maka diperlukan metode baru. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri atas 2 siklus, setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN Kaligambir 02 kecamatan panggung rejo kabupaten blitar pada materi mempersiapkan kemerdekaan indonesia dengan penggunaan metode Student Team Achievement Divisions (STAD). Data hasil belajar siswa diambil dengan menggunakan lembar observasi, catatan lapangan, dokumentasi, dan test tulis. Analisis data dari penelitian ini dengan cara deskritif kualitatif yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus 1 sampai siklus 2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode Student Team Achievement Divisions (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar siswa, dari 18 siswa ada 10 siswa yang memperoleh nilai diatas nilai KKM dengan persentase 55% di siklus 1 sehingga dikatakan siswa belum tuntas belajar secara klasikal, kemudian meningkat menjadi 16 siswa dari 19 siswa yang memperoleh nilai diatas nilai KKM dengan persentase 84% di siklus 2 sehingga dikatakan siswa tuntas secara klasikal dengan kriteria keberhasilan yaitu diatas ≥ 80%.