PENGGUNAAN LKS TERINTEGRASI DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA DI KELAS II B SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH 08 DAU KAB. MALANG

Main Author: SIDIK, LALU JAELANI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/26984/1/jiptummpp-gdl-lalujaelan-34826-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/26984/2/jiptummpp-gdl-lalujaelan-34826-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/26984/
Daftar Isi:
  • Pembelajaran di kelas rendah haruslah menggunakan pendekatan tematik. Pembelajaran tematik/terpadu sendiri merupakan pembelajaran yang menyatukan beberapa mata pelajaran dalam satu lingkup tema. Rancangan kurikulum 2013 mendukung pembelajaran tematik. Guru pernah menggunakan pembelajaran tematik akan tetapi tidak mampu mencapai KKM. Keberhasilan di dalam keterlaksanaan pembelajaran tematik juga dipengaruhi oleh media pembelajaran yang digunakan khusunya pada Bahasa Indonesia. Penelitian ini mencoba menggunakan LKS terintegrasi dalam pembelajaran tematik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang penggunaan LKS terintegrasi dan peningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia di kelas II B Sekolah Dasar Muhammadiyah 08 Dau Kabupaten Malang. Jenis Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menggunakan model Kemmis dan MC Taggart. Penelitian ini dilakukan pada pertengahan bulan April sampai Mei 2013. Langkah penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, analisis data dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi, observasi, catatan lapang dan tes. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Penggunaan LKS terintegrasi dapat terlaksana dengan baik sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran yang telah dirancang. LKS terintegrasi dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia pada siswa kelas II B Sekolah Dasar Muhammadiyah 08 Dau Kabupaten Malang pada pembelajaran tematik. Hal ini terlihat dari data ketuntasan belajar siswa yang mengalami peningkatan sejumlah 16% yakni 84% pada siklus I dan meningkat menjadi 100% pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan LKS terintegrasi dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar Muhammadiyah 08 Dau Kabupaten Malang.