PENGGUNAAN LKS TERINTEGRASI DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM DI KELAS II A SD MUHAMMADIYAH 08 DAU KABUPATEN MALANG
Main Author: | INSYIAH, SITI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/26980/1/jiptummpp-gdl-sitiinsyia-34829-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/26980/2/jiptummpp-gdl-sitiinsyia-34829-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/26980/ |
Daftar Isi:
- Siswa Sekolah Dasar merupakan rentang usia yang memiliki karakteristik berfikir secara keutuhan (holistik) dalam belajarnya, maka dibutuhkan pendekatan pembelajaran yang sesuai yaitu dengan pembelajaran tematik. Kondisi faktual yang terjadi di SD Muhammadiyah 08 Dau Kabupaten Malang, guru kelas rendah masih kesulitan melaksanakan pembelajaran tematik. Guru juga menggunakan LKS mata pelajaran dalam kegiatan pembelajaran, sehingga peneliti mencoba menggunakan LKS terintegrasi untuk meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dalam pembelajaran tematik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang penggunaan LKS terintegrasi untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada pembelajaran tematik pada siswa kelas II A SD Muhammadiyah 08 Dau Kabupaten Malang dan mengetahui adanya peningkatan hasil belajar IPA dengan mengunakan LKS terintegrasi pada pembelajaran tematik. Untuk mencapai tujuan tersebut digunakan penelitian kualitatif desain penelitian tindakan kelas. Adapun prosedur penelitiannya adalah perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan dan observasi, serta refleksi yang dilaksanakan dalam dua siklus. Penggunaan LKS terintegrasi telah terlaksana dengan baik sesuai dengan langkah-langkah yang telah ditetapkan. Penggunaan LKS terintegrasi telah dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada pembelajaran tematik, hal ini dapat terlihat data bahwa ketuntasan belajar siswa mengalami peningkatan dari 88% pada siklus I menjadi 100% pada siklus II. Dengan demikian telah mengalami peningkatan sebanyak 12%. Dari hasil pengamatan aktivitas guru mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 92,65% meningkat menjadi 98,2% pada siklus II, serta dari hasil pengamatan aktivitas siswa juga mengalami peningkatan dari 92,64% pada siklus I menjadi 99,3% pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan LKS terintegrasi dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada pembelajaran tematik kelas II A di SD Muhammadiyah 08 Dau Kabupaten Malang.