PENGGUNAAN METODE STUDENT EXPLAIN AND EXPLORE SOURCES UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPS TENTANG PERJUANGAN PARA PAHLAWAN INDONESIA UNTUK SISWA KELAS 5 SDN MULYOAGUNG 02 DAU KABUPATEN MALANG

Main Author: PURWONO, AGUNG
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/26978/1/jiptummpp-gdl-agungpurwo-31274-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/26978/2/jiptummpp-gdl-agungpurwo-31274-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/26978/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini diawali dari hasil observasi awal, terdapat adanya beberapa kesulitan yang dialami siswa SDN Mulyoagung 02 Dau Malang pada materi Perjuangan para pahlawan Indonesia Pelajaran IPS. Kesulitan yang dimaksudkan adalah Kondisi keberagaman type belajar siswa menjadi hambatan bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran IPS yang berupa materi bacaan. Sedangkan siswa sebagian besar bertipe belajar Auditorial kinestetik sehingga kelas ramai dan gaduh jika pembelajaran disajikan secara klasikal. Kondisi pembelajaran seperti itu menimbulkan beberapa permasalahan pertama, siswa belajar dalam situasi yang pasif karena ketidak nyamanan siswa saat mengikuti pelajaran, kedua, siswa cenderung ramai dan gelisah karena hanya mendengarkan penjelasan guru, ketiga, siswa membutuhkan proses belajar mengajar yang sesuai dengan type belajarnya, keempat siswa sebagian besar merupakan anak bertipe kinestetik maka mereka lebih suka ramai dan berjalan kesana-sini dari pada diminta duduk manis mendengarkan cerita. Berdasarkan pengamatan peneliti dari setiap karakter yang tampak dari siswa, 47 % siswa ( 9 anak ) bertype dominan kinestetik, kelima hasil pembelajaran sangat kurang memuaskan karena dari pengamatan siswa yang benar-benar dapat mengerjakan baik praktek ataupun soal-soal latihan dengan benar berkisar dibawah 37% ( 7 anak ) dari 19 siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan metode Student explain and explore source. untuk mencapai tujuan penelitian tersebut digunakan penelitian kualitatif jenis Penelitian Tindakan Kelas. Penggunaan Metode Student explain and explore source ini menggunakan instrument Test Tulis dan Lembar Pengamatan. Teknik Pengumpulan data dengan Tes dan Observasi. Adapun langkah-langkah pembelajarannya adalah identifikasi masalah, perancangan tindakan, pengumpulan data serta analisis data yang semuanya dilaksanakan di dalam dua siklus. Siklus pertama dilaksanakan dua kali pertemuan dengan focus pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman siswa dan kreatifitas siswa pada pelajaran IPS. Siklus kedua dilaksanakan dalam waktu dua kali pertemuan yang difokuskan pada hasil dari tindakan siklus satu. Selanjutnya hasil evaluasi digunakan untuk memantau perkembangan pemahaman dan kreatifitas siswa dari tes satu dan tes ke dua. Berdasarkan nilai hasil evaluasi diketahui nilai siswa mengalami peningkatan. siswa yang tuntas sebesar 63 % mengalami peningkatan pada siklus 2 sebesar 32 % sehingga pada siklus 2 mencapai 94,74%. Pada siklus I kreatifitas siswa dinyatakan cukup yaitu mencapai 76,3 % dan hasil pengamatan data Afektif atau sikap adalah 80 % dari seluruh siswa. Mengalami peningkatan pada siklus 2 dengan hasil pengamatan Psikomotor (Keterampilan) adalah 90,78% dan dari hasil Afektif (karakter sikap) menjadi 92,63%.