PENGGUNAAN JIGSAW MELALUI PENDEKATAN SAVI DENGAN MEMANFAATKAN MEDIA KARTU BILANGAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN LEMAHBANG II PASURUAN
Main Author: | KHOTIJAH, NOVIANTI SITI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/26972/1/jiptummpp-gdl-yulinwidya-31918-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/26972/2/jiptummpp-gdl-yulinwidya-31918-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/26972/ |
Daftar Isi:
- Khotijah, Novianti Siti. 2013. Penggunaan jigsaw melalui pendekatan SAVI (Somatis, Auditory, Visual, Intelektual) dengan memanfaatkan media kartu bilangan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN Lemahbang II Pasuruan. Skripsi, Malang: Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2013. Pembimbing (I) Dr. M. Syaifuddin, M.M. (II) Dr. Arif Budi W., M.Si . Kata kunci: matematika, kombinasi metode jigsaw dan pendekatan SAVI (Somatis, Auditory, Visual, Intelektual) dengan menggunakan media kartu bilangan, aktivitas, hasil belajar Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan penggunaan metode Jigsaw melalui pendekatan SAVI dengan memanfaatkan media kartu bilangan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada materi menentukan kelipatan dan faktor bilangan pada siswa kelas IV di SDN Lemahbang II Pasuruan, 2) mendeskripsikan peningkatan aktivitas dan hasil belajarpada materi menentukan kelipatan dan faktor bilangan setelah menggunakan metode Jigsaw melalui pendekatan SAVI dengan pemanfaatan media kartu bilangan pada siswa kelas IV di SDN Lemahbang II Pasuruan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan yaitu salah satu strategi penyelesaian masalah yang memanfaatkan tindakan nyata dengan proses kemampuan mendeteksi dan menyelesaikan masalah. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menggunakan model Kemmisdan Mc. Taggart. Langkah penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan kombinasi metode jigsaw dan pendekatan SAVI (Somatis, Auditory, Visual, Intelektual) dengan menggunakan media kartu bilangan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika. Rata-rata nilai aktivitas siswa pada siklus I yaitu 76,06% yang mengalami peningkatan menjadi 86,76% pada siklus II. Sedangkan peningkatan hasil belajar siswa secara klasikal pada siklus I sebesar 27 siswa (67,5%) yang mengalami peningkatan menjadi 37 siswa (92,5%) pada siklus II. Peningkatan tersebut membuktikan bahwa kombinasi metode jigsaw dan pendekatan SAVI (Somatis, Auditory, Visual, Intelektual) dengan menggunakan media kartu bilangan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi menentukan kelipatan dan faktor bilangan.