PENGGUNAAN MEDIA BENDA ASLI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KELIPATAN PERSEKUTUAN KECIL (KPK) DAN FAKTOR PERSEKUTUAN BESAR (FPB) SISWA KELAS V SDN PURWANTORO 02 MALANG

Main Author: MARTA, YULIN WIDYA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/26970/1/jiptummpp-gdl-yulinwidya-31918-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/26970/2/jiptummpp-gdl-yulinwidya-31918-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/26970/
Daftar Isi:
  • Pembimbing: (I) Drs. Gigit Mujianto, M.Si, (II) Dr. Nurul Zuriah, M.Si. Masalah yang dihadapi oleh guru kelas V di SDN Purwantoro 02 Malang adalah rendahnya nilai kelipatan persekutuan kecil (KPK) dan Faktor Persekutuan Besar (FPB) ketuntasan hanya mencapai 27,3%. Untuk itu penulis beserta guru kelas ingin meningkatkan hasil belajar Kelipatan Persekutuan Kecil (KPK) dan Faktor Persekutuan Besar (FPB) menggunakan media benda asli (kancing baju, manik-manik, bel, dan permen). Masalah yang diteliti antara lain, Bagaimana penerapan media benda asli dalam pembelajaran Kelipatan Persekutuan Kecil (KPK) dan Faktor Persekutuan Kecil (FPB)? Bagaimana peningkatan hasil belajar kelipatan persekutuan kecil (KPK) dan Faktor Persekutuan Besar (FPB) melalui media benda asli? Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan (Action Research). Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menggunakan model Kemis dan Mc Taggart. Langkah penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Kelipatan Persekutuan Kecil (KPK) dan Faktor Persekutuan Besar (FPB) menggunakan media benda asli dapat meningkatkan kemampuan siswa. Peningkatan aktivitas belajar siswa dapat diketahui dengan pengamatan terhadap (1) kerjasama dalam kelompok, (2) keaktifan belajar, serta (3) perhatian dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil tes Kelipatan Persekutuan Kecil (KPK) dan Faktor Persekutuan Besar (FPB) diketahui nilai hasil belajar mengalami peningkatan pada pra tindakan ketuntasan belajar siswa mencapai 27,3%, pada siklus I ketuntasan hasil belajar mencapai 56,8% sedangkan pada siklus ke II hasil belajar siswa mencapai 81%. Peningkatan tersebut membuktikan bahwa media benda asli dapat meningkatkan hasil belajar Kelipatan Persekutuan Kecil (KPK) dan Faktor Persekutuan Besar (FPB).