PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK DAN PENGGUNAAN MEDIA KOMIK PADA SISWA KELAS IV-A SDN JUNREJO 1 BATU

Main Author: YULIANA, SEVIA IKA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/26968/1/jiptummpp-gdl-rindadwica-31921-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/26968/2/jiptummpp-gdl-rindadwica-31921-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/26968/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di SDN Junrejo 1 Batu, khususnya pada penjelasan materi pada mata pelajaran IPA. Hal ini disebabkan karena motode yang digunakan oleh guru cenderung ceramah dan tanya jawab, sehingga siswa kesulitan dalam mengemukakan pendapat dan kurang adanya minat dalam proses belajar mengajar, dengan demikian akan membuat peserta didik menjadi pasif. Dengan penerapan model pembelajaran talking stick dan penggunaan media komik menjadikan siswa lebih berperan aktif dalam pembelajaran karena talking stick dengan bantuan tongkat dapat mendorong siswa untuk berani mengemukakan pendapat, dan media komik selain media yang berfungsi mentranfer ilmu pengetahuan juga sebagai hiburan karena banyak gambar di dalamnya, sehingga dapat menumbuhkan semangat dalam diri siswa yang berdapak pada peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini yaitu PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Penelitian tindakan kelas terdiri dari empat face, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi. Penelitian tindakan kelas merupakan sarana untuk memperbaiki dan mengevaluasi pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV-A SDN Junrejo 1 Batu, dengan jumlah siswa 40 siswa. Hasil penelitian menujukan bahwa model pembelajaran talking stick dan penggunaan media komik terlaksana dengan baik, hal ini dapat dilihat dari peningkatan perolehan nilai pada siklis I dan II. Prosentase hasil motivasi klasikal berdasarkan komponen sebelum siklus, pada hasil motivasi sebelum siklus yaitu: (1) minat terhadap pelajaran = 53.33%, (2) keterkaitan = 51.87%, (3) percaya diri = 55%, (4) kepuasan = 59.37%. dan hasil setelah siklus yaitu: (1) minat terhadap pelajaran = 87.85%, (2) keterkaitan = 88.75%, (3) percaya diri = 91.56%, (4) kepuasan = 93.33%. Sedangkan hasil belajar pada siklus I ketuntasan mencapai 27,5% dan pada siklus II mencapai 87,5%. Peningkatan tersebut membuktikan bahwa model pembelajaran talking stick dan penggunaan media komik dapat meningkatakan motivasi dan hasil belajar siswa kelas IV-A SDN Junrejo 1 Batu pada pokok pembahasan memahami hubungan antara struktur bagian tumbuhan beserta fungsinya