PENERAPAN PENGGABUNGAN METODE PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE DAN TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN RESAPOMBO 1 DOKO BLITAR

Main Author: Cahyani, Rinda Dwi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/26967/1/jiptummpp-gdl-rindadwica-31921-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/26967/2/jiptummpp-gdl-rindadwica-31921-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/26967/
Daftar Isi:
  • Penelitian dengan judul Penerapan Penggabungan Metode Think Pair Share dan Talking stick untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN Resapombo 1 Doko Blitar bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Penerapan penggabungan metode think pair share dan talking stick pada mata pelajaran matematika siswa kelas IV SDN Resapombo 1 Doko Blitar. 2) Peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Resapombo 1 Doko Blitar dengan menerapkan penggabungan metode pembelajaran think pair share dan talking stick. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Desain penelitian yang digunakan adalah model siklus Kemmis & Taggart. Model ini menggunakan tindakan dari siklus satu ke siklus berikutnya dengan menggunakan tahapan-tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Resapombo 1 Doko Blitar. Jumlah keseluruhan siswa kelas IV SDN Resapombo 1 Blitar berjumlah 36 siswa Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan penggabungan metode pembelajaran think pair share dan talking stick dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika. Rata-rata nilai keseluruhan aktivitas siswa pada siklus I yaitu pertemuan 1 67% meningkat menjadi 79% pada pertemuan 2 dan meningkat menjadi 81% pada pertemuan 3. Pada siklus II rata-rata keseluruhan aktivitas siswa pertemuan 1 sebesar 84% meningkat menjadi 93% pada siklus II dan meningkat menjadi 94% pada pertemuan 3. Sedangkan hasil belajar siklus I siswa yang tuntas sebesar 55,5% yaitu 20 siswa meningkat menjadi 86% yaitu 31 siswa pada siklus II. Peningkatan tersebut membuktikan bahwa penggabungan metode pembelajaran think pair share dan talking stick dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi operasi perkalian dan pembagian.